Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Awas! Mematikan Mesin sebelum Berhenti Sempurna Ternyata Bisa Berakibat Fatal bagi Motor

Awas! Mematikan Mesin sebelum Berhenti Sempurna Ternyata Bisa Berakibat Fatal bagi Motor
Foto: Ilustrasi (Anikó Wéber dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Kerusakan motor terkadang bisa diakibatkan oleh hal-hal sepele. Namun, hal ini terkadang tidak disadari oleh pengendara motor dan bahkan sering dianggap sepele.

Salah satunya adalah mematikan mesin motor sebelum motor benar-benar berhenti. Kebiasaan ini banyak dilakukan pengendara motor tanpa menyadari dampak yang bisa ditimbulkan.

Mulai sekarang, jangan lakukan lagi kebiasaan seperti ini. Pasalnya, sering mematikan mesin ketika motor belum berhenti sempurna bisa berakibat fatal pada kendaraan.

Baca juga: Ini Tips Aman Berkendara Motor saat Melewati Perlintasan Kereta, Jangan Sembrono!

Kenapa bisa demikian? Melansir dari Federal Oil, mematikan mesin saat kendaraan sedang melaju pada putaran tinggi membuat mesin tidak mendapatkan aliran oli karena mesin mati, sementara di dalamnya masih berputar.

Efeknya bisa membuat mesin menjadi aus dan yang lebih parah lagi adalah rusak pada dinding silinder. Alangkah lebih baik apabila Anda mematikan mesin motor saat kendaraan sudah berhenti dan putaran mesin tidak sedang tinggi.

Biasanya dengan dalih terburu-buru, pengguna motor sering melakukan hal ini. Padahal kebiasaan sepele tersebut justru membuat masalah pada motor mereka.

Nah, mulai sekarang hindari kebiasaan mematikan mesin kalau motor belum berhenti sempurna ya, karena bisa bahaya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Ruangan komen telah ditutup.