Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Azyumardi Azra Meninggal, Haedar Nashir: Sahid di Jalan Allah  

Azyumardi Azra Meninggal, Haedar Nashir: Sahid di Jalan Allah  
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra (dok. PP Muhammadiyah)

MURIANEWS, Jakarta – Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengungkapkan dukanya yang mendalam atas meninggalnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra, Minggu (18/9/2022). Haedar menyebut,  meninggalnya Azyumardi ini dinilainya Sahid di jalan Allah.

”Kita sungguh kehilangan atas meninggalnya Prof Dr Azyumardi Azra di Malaysia. Beliau ke Negeri Jiran dalam perjalanan berbagi ilmu sehingga terkategori sahid di jalan Allah,” ungkapnya, dikutip dari Muhammadiyah.or.id.

Haedar juga menuturkan bahwa Azyumardi Azra adalah cendekiawan muslim dan intelektual bangsa yang maqomnya sudah begawan atau ar-rasih fil-‘imi.

Baca: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal di Malaysia

”Pemikirannya senantiasa jernih dan komprehensif, yang menggambarkan kedalaman dan keluasan ilmu, khususnya ilmu keislaman yang terkoneksi dengan berbagai aspek kehidupan,” terangnya.

Lebih dari itu, Azyumardi Azra juga memiliki pemahaman sejarah yang luas dan dapat menjelaskan banyak peristiwa masa lampau yang dikontekstualisasikan. Hal ini terbukti dengan analisisnya tentang jaringan ulama internasional.

Pemikirannya tentang peradaban juga melintas batas, sehingga menggambarkan inklusivisme yang luas. Demikian halnya dengan pemikirannya tentang politik Islam, selalu menyajikan analisis yang cerdas dan simultan, tidak dogmatik dan apologis.

”Saya mengenal beliau cukup lama, bahkan ketika menjadi salah seorang penguji disertasi di UGM, sungguh merupakan pengalaman yang berkesan mendalam baik tentang sikap maupun pemikirannya,” ujarnya.

Almarhum sosok rendah hati, meskipun berada di puncak posisi sebagai intelektual ternama bukan hanya di Indonesia tetapi juga di tingkat regional dan global.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Muhammadiyah.or.id

Ruangan komen telah ditutup.