Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Biar Awet Lama, Ini Cara Merawat Peralatan Makan dari Bahan Kayu

Biar Awet Lama, Ini Cara Merawat Peralatan Makan dari Bahan Kayu
Foto: Alat masak dan makan dari kayu (Barbara dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Selain dari plastik dan logam, peralatan masak dan makan banyak juga yang terbuat dari dari bahan kayu. Untuk peralatan makan dan masak dari kayu adalah perlengkapan dapur yang sudah digunakan sejak dulu.

Ada beragam peralatan dari kayu ini, Seperti sendok, talenan, centong, cobek dan lainnya.

Selama ini, banyak yang menganggap jika peralatan dari kayu ini tidak bisa tahan lama. Padahal anggapan ini tidak selalu benar.

Baca juga: Ini Tips Merawat Talenan Kayu supaya Awet yang Perlu Diketahui Ibu Rumah Tangga

Pasalnya, jika dirawat dengan baik, peralatan dari kayu ini bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Hal ini jarang dilakukan sehingga alat masak yang dimiliki tidak bisa awet lama.

Melansir Kompas.com dari Thespruceeats dan Martha Stewart, berikut cara merawat perlengkapan makan kayu biar awet.

1. Cuci dengan Tangan Menggunakan Air Hangat

Mengutip dari Martha Stewart, peralatan makan kayu tidak boleh direndam dan dicuci di mesin cuci piring. Karena banyaknya air serta suhu dari mesin itu akan membuat kayu membengkak dan bisa retak. Agar peralatan terawat disarankan mencucinya dengan tangan dan gunakan sabun serta air hangat.

2. Seka dengan Lap Bersih

Setelah peralatan dicuci bersih seka dengan lap piring bersih. Melansir dari Thespruceeats, setelah itu biarkan mengering seluruhnya sebelum disimpan.

3. Olesi Minyak Mineral

Setelah peralatan kayu ini terlihat kering, gosok secara berkala minimal sebulan sekali dengan minyak mineral atau beeswax. Minyak goreng, minyak sayur dan zaitun tidak disarankan karena bisa menimbulkan bau tidak sedan dan debu mudah menempel.

4. Mencegah Kayu Bau

Peralatan makan kayu dapat menyerap bau dari bawang putih, minyak dan makanan berbumbu kuat lainnya. Agar bau ini berkurang, bisa dengan menggosok permukaan peralatan kayu dengan potongan lemon dan pasta dari soda kue dan air. Untuk menghindari perpindahan rasa, bisa pindahkan peralatan kayu untuk makanan tertentu.

5. Menghaluskan Permukaan Kayu dan Noda

Saat terdapat noda maupun terasa kasar pada permukaan peralatan kayu, bisa menggosoknya dengan amplas halus. Setelah diamplas, olesi peralatan kayu dengan minyak mineral atau beeswax.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.