Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kader dan Alumni PMII Diminta Saling Bersinergi Majukan Daerah

Kader dan Alumni PMII Diminta Saling Bersinergi Majukan Daerah
Denny Septiviant, Anggota DPRD Jateng menerima kenang-kenangan usai menjadi narasumber Muspimda PKC PMII Jawa Tengah di Pendapa Kabupaten Grobogan, Jumat (16/9/2022). (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Seluruh kader dan alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) diminta saling bersinergi untuk memberi sumbangsih kemajuan daerah. Itu diungkapkan Denny Septiviant, Anggota DPRD Jateng, Jumat (16/9/2022).

Dalam pembukaan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspimda) PKC PMII Jawa Tengah di Pendapa Kabupaten Grobogan, ia mengatakan, kemajuan daerah itu dapat terwujud karena masyarakat Nahdliyin mendominasi di Jawa Tengah.

Menurutnya itu bisa menjadi pendorong yang sangat cepat berlangsungnya transformasi untuk kemajuan.

”Bukan hanya melalui struktur kekuasaan, tetapi juga melalui perilaku masyarakatnya dengan gerakan ahlussunah waljamaah dari level bawah, tengah, hingga atas,” papar politisi PKB Jawa Tengah itu.

Baca: Kapolda Jateng Bicara Ini saat Hadiri Muspimda PMII di Grobogan

Denny menyebut, transformasi intelektual sudah berlangsung. Kemudian transformasi mobilitas jabatan posisi struktur kekuasaan berlangsung secara masif.

Menurutnya, tinggal satu tahapan lagi yang harus dikejar, yaitu mobilitas kemampuan kapasitas ekonomi masyarakat ahlusunah wal jamaah.

”Ada yang berkiprah di level grassroot yang sehari-hari bersama rakyat. Di level tengah para intelektual, profesional. Di level struktur kekuasaan sudah lambat laun muncul dan berkembang,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Mansata Indah Maratona, anggota DPRD Kabupaten Grobogan dari Fraksi PKB menyatakan, PMII merupakan salah satu kekuatan penggerak perubahan masyarakat. Karena itu, Grobogan sangat membutuhkan PMII dan alumninya.

“Masyarakat Grobogan ini sangat membutuhkan PMII maupun para lulusan PMII sebagai kekuatan yang mentransformasikan masyarakat dan negara. Kita bersyukur menjadi bagian dari gelombang menuju keadaan perubahan yang lebih baik dan menjadi bagian dari ombak besar kekuatan bangsa ini,” ujar politisi PKB itu.

Sekretaris IKA PMII Grobogan itu menambahkan, seorang aktivis atau mantan aktivis PMII tanpa disadari seluruh langkah dan gerakannya membangun jejaring yang efektif dan produktif.

”Di PMII ini kekuatan individual nyambung dengan kekuatan kultural. Itu kekuatan yang sangat besar, sangat mewah,” ujarnya.

 

Reporter: Saiful Anwar

Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.