Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui, Ini Jenis Ban Motor yang Cocok Dipakai saat Musim Hujan

Ketahui, Ini Jenis Ban Motor yang Cocok Dipakai saat Musim Hujan
Foto: Ilustrasi berkendara di saat hujan (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus – Berkendara motor saat musim hujan sudah pasti berbeda dibandingkan musim kemarau. Misalnya, jarak pandang terbatas, dan risiko terjadinya kecelakaan juga lebih besar.

Hal ini bisa terjadi karena saat hujan, kondisi jalan menjadi lebih licin karena terguyur air. Kondisi inilah yang sering menyebabkan pengendara motor tergelincir.

Selain jalan basah dan licin, tergelincirnya premotor juga bisa terjadi akibat kondisi ban yang kehilangan traksi dan berputar di jalan saat berkendara. Guna menghindari hal ini, pemilik motior disarankan untuk mengganti ban untuk menghindari risiko di perjalanan.

Baca juga: Ini Mitos Seputar Pembiayaan Mobil yang Beredar di Masyarakat

Berikut, jenis ban motor yang cocok untuk musim hujan, seperti dilansir dari Federal Oil, Sabtu (17/9/2022).

1. Ban dengan banyak alur di tapak

Berkendara di musim hujan dengan ban bawaan motor memang tepat. Namun, jika Anda  kurang nyaman dengan ban bawaan, Anda bisa menggantinya dengan ban yang memiliki banyak alur pada tapak.

Hal ini dimaksudkan agar ban lebih mudah melaju melewati genangan air yang akan bergerak di jalan. Selain itu, alur ban sepeda motor ini juga berfungsi sebagai saluran air, yang dapat mengurangi resiko ban slip.

2. Hindari Penggunaan Ban Semi Slick

Hindari untuk menggunakan ban semi slick saat berkendara di musim hujan. Hal ini karena ban semi slick memiliki pola tapak yang minim sehingga akan sulit digunakan ketika berkendara melewati genangan air.

Penggunaan ban semi slick akan membuat ban mengalami kesulitan untuk memecah air, sehingga risiko yang mungkin terjadi adalah ban selip hingga aquaplaning.

Kondisi aquaplaning membuat Anda kehilangan kontrol saat berkendara dan akibatnya bisa terjatuh. Selain itu, ban semi slick juga memiliki cengkraman yang kurang kuat apabila digunakan berkendara di jalanan yang basah.

Dengan demikian, proses pengereman yang Anda lakukan menjadi kurang maksimal dan membutuhkan waktu lebih untuk menghentikan kendaraan.

3. Gunakan Ban yang Alurnya Bermotif Huruf  V

Pilihan terbaik untuk berkendara di saat musim hujan adalah ban yang alurnya bermotif huruf V atau seperti ujung anak panah. Jenis ban ini termasuk ke dalam kategori unidirectional yang umumnya direkomendasikan untuk melewati jalanan kering maupun jalanan yang basah.

Dengan motif ban V tersebut membuat ban ini sangat efektif dalam memecahkan genangan air. Sehingga risiko terjadinya aquaplaning atau ban selip ini bisa di antisipasi.

Selain faktor ban yang perlu diperhatikan, disaat musim hujan Anda juga harus memperhatikan kecepatan dalam berkendara. Pastikan Anda tidak melaju dengan kecepatan yang tinggi, karena di saat hujan ini jalanan akan licin.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Ruangan komen telah ditutup.