Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bergaya Eropa, Gedung Pemuda Muhammadiyah Kudus Ini Bisa Disewa

Gedung Grha Pemuda Muhammadiyah Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Gedung Grha Pemuda Muhammadiyah di Kudus dibangun dengan gaya arsitektur Eropa. Gedung bercat cokelat itu terlihat gagah dan elegan. Gedung ini bisa disewa untuk masyarakat umum.

Bangunan gedung Grha Pemuda Muhammadiyah berlokasi di RT 01, RW 03, Desa Getassrabi, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Bangunan tersebut mulai dibangun pada September 2021 dan selesai September 2022. Gedung itu dibangun menghabiskan dana sekitar Rp 1 miliar.

Bangunan tersebut dibangun oleh Ranting Muhammadiyah Getassrabi. Keseluruhan luas bangunan Grha Pemuda Muhammadiyah yakni 200 meter persegi. Sedangkan luas area dalamnya saja berukuran 10 meterx17 meter.

Lalu, tinggi bangunan tersebut yakni 13 meter hingga atap. Jika dihitung hingga area menara yakni tingginya mencapai 18 meter.

Baca: Gedung Pemuda Muhammadiyah Kudus Bergaya Eropa, Kerap Dianggap Seperti Gereja

Nuruz Zaman, Pengelola Gedung Grha Pemuda Muhammadiyah mengatakan, bangunan tersebut menghabiskan dana Rp 1 miliar. Peruntukannya untuk Gedung pertemuan dan berbagai macam kegiatan.

”Karena di Desa Getassrabi ini belum punya tempat untuk pertemuan. Kalau di balai desa belum begitu luas tempatnya. Daripada kalau ada acara-acara mengganggu ruas jalan, maka diputuskan membangun gedung ini,” katanya, Sabtu (17/9/2022).

Pendanaan bangunan tersebut berasal dari donator, swadaya, dan masyarakat. Donatur tersebut ada yang berasal dari warga di luar Muhammadiyah.

”Ada juga yang menyumbang berupa material seperti keramik, paving, batu bata, dan lainnya,” sambungnya.

Selain untuk Gedung pertemuan, bangunan itu juga sebagai sarana olahraga, pernikahan, dan kegiatan lainnya.

”Untuk sewanya dimulai harga Rp 1 jutaan per hari. Untuk kapasitas kursi di dalam ruangan sejumlah 100 sampai 120 kursi. Sampai Oktober 2022 ini masih ada diskon 50 persen,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.