Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Stadion Djarum di Kudus Akan Menggunakan Rumput Sintetis

Stadion Djarum
Stadion Djarum di Kabupaten Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Stadion Djarum di Desa Rendeng, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah akan menggunakan rumput sintetis. Ternyata ada tujuan dibalik pemilihan rumput sintetis.

Panggah Wirawan, Pengawas Proyek Stadion Djarum mengatakan, intensitas penggunaan lapangan sepak bola di Stadion Djarum nantinya diprediksi bakal tinggi. Karena digunakan untuk SSB Djarum dari beberapa kelompok umur.

“Selain intensitas penggunaan yang lebih tinggi, perawatan rumput sintetis lebih mudah dibandingkan rumput biasa yang perawatannya lebih mahal,” katanya, Sabtu (17/9/2022).

Panggah menambahkan, jenis rumput sintetis itu sudah berstandar FIFA. Drainase untuk rumput juga sudah dipikirkan. Sehingga ketika hujan turun, area lapangan tidak banjir.

“Ada pipa HDPE Pervorated yang dilapisi dengan georextile. Airnya nanti akan masuk ke pipa, sehingga tidak menimbulkan endapan air di area lapangan,” imbuhnya.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengatakan alasan penggunaan rumput sintetis. Menurutnya, merawat rumput sintetis lebih mudah.

Stadion Djarum
Rumput sintetis yang akan dipakai di Stadion Djarum. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

“Kalau menggunakan rumput alami membutuhkan berbagai infrastruktur lain yang cukup banyak dan ribet. Selain itu membutuhkan waktu sampai rumput alami benar-benar prima untuk digunakan,” katanya, Sabtu (17/9/2022).

BACA JUGA: Djarum Mulai Lirik Atletik, Panahan dan Sepak Bola

Yoppy berpendapat, penggunaan rumput sintetis lebih mudah untuk dirawat. Selain itu menurutnya dalam kurun waktu delapan tahun tidak perlu diganti.

“Kalau misal ada bagian rumput sintetis yang rusak, tinggal dipotong terus diganti dengan yang baru,” imbuhnya.

Stadion Djarum dibangun sejak 23 Mei 2022 oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation. Stadion Djarum ditarget dapat digunakan pada awal tahun 2023.

Jika sudah selesai, stadion ini akan memiliki kapasitas 1100 penonton. Memanfaatkan lagan seluas 3,5 hektar, stadion ini juga akan dilengkapi venue panahan dan lintasan atletik.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi Erje

Ruangan komen telah ditutup.