Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Puskesmas Sidorekso Kudus Diperbaiki Pakai DBHCHT, Anggarannya Segini

Kondisi kerusakan di Puskesmas Sidorekso Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, segera melakukan perbaikan Puskesmas Sidorekso di Desa Sidorekso, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Proses lelang pun sudah dilakukan untuk kemudian dilakukan penandatanganan kontrak dengan pemenang lelang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dr Andini Aridewi menyampaikan, anggaran yang disiapkan untuk perbaikan puskesmas tersebut sebesar Rp 2,2 miliar.

Dana tersebut, diambilkan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) milik Pemerintah Kabupaten Kudus pada tahun 2022.

”Prosesnya akan segera dimulai, lelang dan penandatanganan kontrak juga sudah dilakukan,” kata Andini, Sabtu (17/9/2022).

Terpisah, Bupati Kudus HM Hartopo menegaskan program rehabilitasi Puskesmas merupakan salah satu program pemanfaatan DBHCHT di bidang kesehatan.

Melalui kegiatan tersebut, bupati ingin agar infrastruktur kesehatan di Kudus menjadi lebih baik sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

”Dengan infrastruktur yang baik, diharapkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat bisa lebih maksimal,” kata dia.

Baca:Puskesmas Sidorekso Rusak Parah, Sengsara Jika Hujan

Hartopo menambahkan, pada APBD 2022, Pemkab melaksanakan rehabilitasi lima puskesmas dan satu puskesmas pembantu yang nilainya mencapai Rp 8,9 miliar.

Adapun rinciannya adalah paket rehabilitasi Puskesmas Jati dengan pagu anggaran sebesar Rp 2,03 miliar, Puskesmas Mejobo Rp 1,2 miliar, Puskesmas Rejosari Rp 1,348 miliar, dan Puskesmas Rendeng Rp 1,61 miliar.

Baca: Puskesmas Sidorekso Kudus Rusak, Plafon Ambrol

Kemudian untuk Puskesmas Sidorekso punya pagu anggaran sebesar Rp 2,4 miliar dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Rahtawu Rp 356 juta.

”Dengan adanya kegiatan rehabilitasi ini kami harapkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kudus bisa berjalan lebih baik lagi,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.