Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Begini Penentuan Juara Grup F, Jika Timnas Indonesia U-20 Vs Vietnam Berakhir Imbang

Timnas Indonesia U-20
Timnas Indonesia U-20 masih harus menghadapi partai penentuan melawan Vietnam U-20 di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (pssi)

MURIANEWS, Surabaya – Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam akan terlibat dalam pertandingan panas menentukan di pertandingan terakhir Grup F. Mereka harus saling mengalahkan untuk menentukan siapa yang berhak jadi juara Grup F. Lalu bagaimana jika pertandingan berakhir imbang? Begini cara penentuan Juara Grup F nantinya.

Dengan skor dan selisih gol identic yang saat ini terjadi di kedua tim, kemungkinan terjadinya skor imbang di pertandingan terakhir akan berpotensi menimbulkan masalah. Namun AFC nampaknya sudah menyiapkan regulasi untuk menentukan tim mana nanti yang akan berhak menjadi juara grup jika hasil imbang terjadi.

Timnas Indonesia U-20 akan berhadapan dengan Vietnam U-20 di pertandingan terakhir Grup F, Minggu (18/9/2022) malam WIB. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, mulai pukuk 20.00 WIB. Pemenang dari pertandingan ini akan menjadi juara grup dan merebut tiket langsung ke Putaran Final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Namun jika pertandingan berakhir dengan hasil imbang, maka AFC sudah menetapkan regulasi untuk menetapkan siapa yang berhak menjadi juara grup dan sekaligus merebut tiket langsung ke Piala Asia U-20 2023.

Menurut AFC, hasil imbang tetap akan menjadi hasil akhir dari pertandingan terakhir Grup F itu. Dengan demikian kedua tim akan sama-sama mendapatkan poin 7 dan selisih gol identik. Dengan demikian, peluang kedua tim untuk bersaing menjadi runner-up terbaik, tidak dirugikan.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 menyediakan 10 tiket langsung bagi juara grup. Sementara 5 runner-up terbaik juga berhak berangkat ke Uzbekistan. Sehingga dengan hasil imbang, kedua tim tidak dirugikan dalam persaingan sebagai runner-up terbaik.

Namun untuk menentukan juara Grup F, AFC memutuskan akan menggelar adu tendangan pinalti karena statistik fair play tidak berlaku lagi. Pemenang dari adu tendangan pinalti ini akan berhak menjadi Juara Grup F dan lolos langsung. Namun hasil adu pinalti tidak akan merubah hasil imbang yang sudah terjadi.

BACA JUGA: AFC Tempatkan Timnas Indonesia U-20 di Puncak Klasemen Grup F, ini Alasannya!

Lalu bagaimana jika adu tendangan pinalti juga tetap berakhir dengan skor imbang? AFC kemungkinan akan melakukan undian bagi kedua tim untuk menentukan siapa yang berhak menjadi Juara Grup F.

Begitu sengitnya persaingan antara Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam U-20, sampai akhirnya membuat AFC harus menyiapkan regulasi seperti ini. Hasil imbang diperkirakan akan membuat kedua tim sama-sama lolos ke Uzbekistan.

Sebab dengan perolehan maksimal 7 poin, peluang kedua tim untuk menjadi runner-up terbaik sangat terbuka lebar. Namun bagi kedua tim, situasinya akan berpengaruh dalam drawing pembagian grup di putaran final Piala Asia U-20 2023.

Lolos sebagai runner-up terbaik tentu saja akan berbeda dengan lolos sebagai juara grup. Hal ini terkait dengan penempatan dalam daftar unggulan/pot di drawing nantinya. Karena itu, kemungkinan kedua tim akan sama-sama memaksakan kemenangan di pertandingan terakhir.

Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Vietnam di Stadion Gelora Bung Tomo, pada Minggu (18/9/2022) malam. Para penggemar Timnas Indonesia U-20 tentu berharap Marcelino Ferdinand dkk bisa meraih kemenangan. Semoga saja.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: AFC

Ruangan komen telah ditutup.