Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kronologi Pemuda Madiun Ditangkap Hingga Jadi Tersangka Karena Membantu Bjorka

Kronologi Pemuda Madiun Ditangkap Hingga Jadi Tersangka Karena Membantu Bjorka
Muhammad Agung Hidayatullah (detik.com)

MURIANEWS, Madiun – Pemuda Madiun yang bernama Muhammad Agung Hidayatullah (21) saat ini tengah menjadi perbincangan masyarakat. Sebab, sebagai orang yang saban hari menjual es di pasar, tiba-tiba ditangkap oleh polisi karena diduga sebagai hacker bjorka.

Agung Hidayatullah ditangkap oleh polisi pada Rabu (14/9/2022) malam pada saat berada di rumahnya, yakni di Dusun Mawatsari, Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun.

Setelah penangkapan itu, Agung kemudian diamankan di Mapolsek Dagangan. Penangkapan itu tidak hanya dilakukan oleh polres Madiun, tetapi juga Tim Cyber Bareskrim Mabes Polri.

Setelah dua hari berada di Polek Dagangan, Agung akhirnya dipulangkan oleh petugas kepolisian. Agung dipulangkan pada Jumat (16/9/2022) sekitar pukul 09.30 WIB.

Baca: Keluarga Pemuda Madiun Bingung Ketika Menjadi Tersangka yang Membantu Bjorka

Ibu Agung, yakni Suprihatin juga membenarkan kepulangan Agung tersebut.

Alhamdulillah anak saya dipulangkan tadi pagi sekitar pukul 09.30 WIB,” kata Prihatin, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (16/9/2022).

Menurutnya, anaknya diantar oleh dua anggota Polsek Dagangan menggunakan mobil pribadi. Sebelum dipulangkan, Jumanto, suami Prihatin, dihubungi anggota Polsek Dagangan untuk datang ke Mapolsek Dagangan.

Tak lama setelah Agung dipulangkan ke kediamannya, tim terpadu yang dibentuk khusus untuk mengusut hacker Bjorka menetapkan Agung sebagai tersangka.

Baca: Ini Barang yang Disita dari Pemuda Madiun Terkait Hacker Bjorka

”Timsus telah melakukan beberapa upaya dan berhasil mengamankan tersangka berinisial MAH (Muhammad Agung Hidayatullah),” kata Juru Bicara Divisi Humas Polri Kombes Ade Yaya.

Ade menambahkan, tersangka MAH berperan sebagai salah satu dari kelompok Bjorka. Dia terlibat dalam menyediakan chanel telegram dengan nama chanel Bjorkanism.

Baca: Ditangkap Polisi Karena Diduga Bjorka, Pemuda Madiun Sudah Dipulangkan

Channel telegram itu digunakan untuk mengunggah informasi yang diunggah Bjorka. Agung sempat tiga kali membuat unggahan dalam telegram itu, tepatnya pada 8-10 September 2022.

”Adapun motif tersangka membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang,” ucap Ade.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.