Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Persiku, Persijap, Persipa dan PSDB Main, Polres Kudus Siapkan Personil

Kapolres Kudus
Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama (Murianews/Porles Kudus)

MURIANEWS,Kudus – Polres Kudus melakukan langkah antisipasi untuk mengamankan situasi saat tim-tim di eks karisidenan Pati main bersamaan, pada Minggu (18/9/2022). Persiku, Persijap, Persipa dan PSDB pada saat bersamaan bermain, dan berpotensi memunculkan gesekan antar pendukung.

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan, Polres Kudus menyiagakan ratusan personelnya. Pada Minggu, (18/9/2022) Persiku Kudus akan memulai pertandingan di Liga 3 Jawa Tengah.

Sementara itu, pada saat bersamaan Persijap Jepara akan melawat ke Pati menghadapi Persipa Pati, di pekan ke-4 Liga 2 2022-2023 Grup Tengah. Mengingat rivalitas supporter Persijap dan Persiku yang sering ‘panas’, berbagai kemungkinan bisa terjadi.

Terutama mengingat jalur perjalanan pendukung Persijap yang menuju ke Pati akan melewati Kudus, maka Polres Kudus memandang perlu dilakukan langkah antisipasi. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak perlu terjadi.

Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama mengatakan, telah melakukan koordinasi dengan Polres Jepara ataupun Polres Pati. Kordinasi ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya gesekan yang dimungkinkan terjadi antar suporter.

BACA JUGA: Hindari Bentrokan, Suporter Persijap Diarahkan Tidak Lewat Kudus
Suporter asal Jepara, dipastikan akan diarahkan untuk tidak melintasi wilayah Kudus untuk meminimalisir potensi gesekan. Baik saat keberangkatan ke Pati, ataupun kepulangan ke Jepara.

“Kami antisipasi baik dari suporter bola yang menonton di Kudus ataupun suporter yang mau ke Pati untuk menjaga jangan sampai ada gesekan dan teta tertib. Kami telah berkoordinasi antar Polres Jepara dan Pati,” katanya, Jumat (16/9/2022) malam.

Ratusan personel yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan, sambung Kapolres, akan disiagakan di jalur-jalur yang dimungkinkan bisa dilalui suporter Jepara, hingga di area Stadion Wergu Wetan, Kudus.

“Yang pasti kami akan lakukan pengamanan dengan ketat,” tegasnya.

Sementara Kabag Ops Polres Kudus Kompol Catur Kusuma Adi menjelaskan, ada sebanyak 400 personel yang dikerahkan untuk siaga dalam pengamanan suporter tersebut. Tak hanya itu, selain personel Polres Kudus, juga akan ada personel gabungan, seperti TNI, Satpol PP, hingga Dinas Perhubungan.

“Akan kami amankan jalur di Kudus yang bisa dilewati suporter Jepara ke Pati. Baik saat keberangkatan, ataupun kepulangan,” pungkasnya.

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Budi Erje

Ruangan komen telah ditutup.