Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jateng

Jadi Saksi Kunci, Ternyata Ini Kasus Korupsi yang Dihadapi Iwan Boedi

Penemuan mayat dan motor hangus terbakar di Marina, Semarang, Kamis (8/9/2022). (detikJateng/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Polda Jateng membeberkan kasus dugaan korupsi yang menjadikan PNS Bapenda Kota Semarang Iwan Boedi Prastijo sebagai saksi kunci sebelum ditemukan tak bernyawa di kawasan Pantai Marina.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, sesuai rencana, Iwan Boedi akan dimintai keterangan terkait anggaran sertifikasi delapan bidang lahan yang diserahkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang di wilayah Kecamatan Mijen.

”Penyelidikan itu berdasarkan aduan Aliansi Masyarakat Kota Semarang pada April 2022 tentang dugaan tindak pidana korupsi di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah [BPKAD] Kota Semarang,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Jumat (16/9/2022).

Menurut dia, keterangan lisan telah diperoleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah dari almarhum Iwan Boedi.

Dari keterangan awal almarhum, kata dia, diakui terdapat anggaran yang tidak terserap dalam sertifikasi delapan bidang lahan milik PT KAL kepada Pemkot Semarang.

”Dari penjelasannya tidak terserap karena alasan teknis dan almarhum sudah bersedia memberikan keterangan pada 25 Agustus 2022,” ungkapnya.

Namun, lanjut dia, pada hari yang sudah dijadwalkan itu Iwan Boedi tidak pernah datang dan kemudian dilaporkan hilang hingga mayatnya ditemukan di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang, Kamis (8/9/2022).

Meski demikian, Iqbal menyebut penyelidik sudah memperoleh sejumlah keterangan dan informasi yang masih harus diklarifikasi kepada beberapa pihak. “Statusnya masih pengumpulan bahan dalam rangka penyelidikan,” tambahnya.

Sebelumnya sesosok mayat ditemukan terbakar bersama sebuah sepeda motor di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang. Sepeda motor tersebut diketahui sebagai kendaraan dinas milik Iwan Boedi itu.

Selain motor ditemukan pula komputer jinjing, papan nama identitas, serta telepon seluler yang diduga milik Iwan Boedi Prasetijo.

Polisi telah memastikan jasad yang terbakar itu merupakan Iwan Boedi Prasetijo Paulus berdasarkan hasil tes DNA.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.