Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Peserta Pilkades Serentak di Jepara Ditetapkan, Desa Sendang Menyusul

Peserta Pilkades di Jepara Ditetapkan, Desa Sendang Menyusul
Ilustrasi Pilkades. (Murianews)

MURIANEWS, Jepara – Peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ditetapkan. Kecuali peserta di Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamatan.

Sebanyak 63 calon dari 23 desa telah ditetapkan pada 12 September 2022 lalu. Sementara, untuk Desa Sendang terpaksa harus ditunda. Sebab, hingga penetapan calon hanya ada satu orang yang mendaftar.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara Edy Marwoto mengatakan, pendaftaran calon kades di Desa Sendang diperpanjang hingga 20 September 2022.

”Sampai penetapan calon, hanya Desa Sendang, Kecamatan kalinyamatan yang hanya punya satu calon. Akhirnya khusus desa itu diperpanjang pendaftarannya sampai 20 September,” jelas Edy, Jumat (16/9/2022).

Baca: Satu Desa di Jepara Terancam Batal Gelar Pilkades

Untuk diketahui, ada 24 desa yang menggelar Pilkades secara serentak. Setelah tahap pengumuman calon, dalam waktu dekat akan dilangsungkan pengundian nomor urut calon.

Adapun rincian datanya, Desa Wedelan, Kecamatan Bangsri ada tiga calon yang merebutkan kursi kepala desa. Kemudian, Desa Tanjung (Pakisaji) diikuti dua calon dan Desa Krapyak (Tahunan) dua calon.

Selanjutnya, Desa Bringin (Batealit) tiga calon dan Desa Pekalongan (Batealit) dua calon. Kecamatan Kalinyamat, yakni Desa Purwogondo (3 calon), Desa Bandungrejo (2 calon), Desa Margoyoso (3 calon) dan Desa Sendang masih ditunda penetapannya.

Kemudian, Kecamatan Karimunjawa, yakni Desa Karimunjawa (4 calon), Desa Kemujan (3 calon), dan Desa Parang (2 calon). Lalu, Kecamatan Mayong, yakni Desa Pelemkerep (3 calon) dan Desa Mayong Lor (2 calon).

Kecamatan Mlonggo, yakni Desa Sinanggul (2 calon) dan Desa Jambu (6 calon). Di Kecamatan Kedung, yakni Desa Sukosono (2 calon), Desa Dongos (2 calon), dan Desa Rau (3 calon).

Lalu, Kecamatan Keling hanya Desa Bumiharjo diikuti 4 calon. Kemudian, Kecamatan Welahan, yakni Desa Kalipucang Kulon (2 calon), Desa Gidangelo (3 calon), Desa Kalipucang Wetan (2 calon), dan Desa Guwosobokerto (2 calon).

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.