Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemerintah Berikan Bantuan Ke Anak Yatim-Piatu, Rp 200 Ribu Per Bulan

Pemerintah Berikan Bantuan Ke Anak Yatim-Piatu, Rp 200 Ribu Per Bulan
Mensos tri Rismaharini (Tangkapan Layar)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan memberikan bantuan kepada anak yatim-piatu sebesar Rp 200 ribu per bulan. Rencananya, bantuan itu akan mulai dicairkan pada Desember mendatang.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengaku sudah mendapatkan uang dari kementerian keuangan sekitar sebesar Rp 400 miliar. Uang tersebut akan disalurkan untuk 946.863 anak yatim piatu dengan besaran bantuan Rp200.000 per bulan.

”Kami juga dapat tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan Rp400 miliar. Itu akan kami gunakan di bulan Desember, kami akan menyerahkan kepada kurang lebih targetnya anak yatim piatu itu 946.863 anak, per anak Rp 200 ribu per bulan,” kata Risma dalam keterangan pers 16/9/2022).

Baca: 590 Sopir di Grobogan Bakal Terima Bansos Rp 300 Ribu

Selain itu, pihaknya juga mengusulkan agar lansia tunggal di atas usia 80 tahun yang tinggal sendirian di rumah. Mereka akan diberikan bantuan uang sebesar Rp 21.000 per hari untuk mencukupi kebutuhan hariannya. Untuk lansia ini, total yang sudah terdata ada sebanyak 334.011 orang.

”Ini lansia yang hidup sendiri di rumah, tidak mempunyai keluarga. Nanti uangnya bisa dititipkan ke Pak RT atau RW. Uang itu setiap hari bisa untuk dibelikan makanan,” terangnya.

Risma juga akan memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas sebanyak 98.934 orang. namun, untuk lansia ini akan diberikan satu bulan.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Ruangan komen telah ditutup.