Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sudah Sebulan Pedagang Kecil di Kudus Kelimpungan Cari Elpiji 3 Kilogram

Pedagang berjualan makanan di kawasan Pasar Kliwon Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pedagang makanan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sudah sebulan kesulitan mencari gas elpiji 3 Kilogram. Harga gas subsidi tersebut juga tergolong mahal.

Nur Aida, pedagang warung makan di kawasan Pasar Kliwon, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengaku sudah sebulan mengalami kesulitan untuk mendapatkan elpiji 3 kilogram.

”Sudah sebulan ini sulit dapat gas elpiji 3 kilogram. Sampai harus muter ke lima sampai enam tempat,” katanya, Jumat (16/9/2022).

Ketika gas elpiji 3 kilogram ada, menurutnya harganya cenderung tinggi mencapai Rp 28 ribu per tabung. Menurutnya, harga normalnya sekitar Rp 21 ribu sampai Rp 22 ribu per tabung.

Padahal, dia membutuhkan dua tabung gas dalam sehari untuk berjualan dari pukul 07.00 WIB sampai 16.30 WIB. Kondisi kelangkaan gas elpiji tersebut semakin menyulitkannya.

”Harga elpiji naik, tetapi saya tidak mungkin menaikkan harga dagangan karena takut kehilangan pelanggan. Harapanya bisa mudah mendapatkan elpiji dan harganya tidak mahal,” imbuhnya.

Baca: Stok Elpiji 3 Kg di Jateng Tersisa 34 Persen, Begini Kata Pertamina

Keluhan yang sama juga datang dari pedagang makanan di Pasar Kliwon, Tri Hesti. Dia juga mengalami kesulitan sejak sebulan terakhir.

”Sudah sebulanan ini sulit mendapatkan gas elpiji. Sampai nyari di lima tempat ya pernah,” ujarnya.

Lebih lanjut, ketika harga gas elpiji mudah didapatkan, harganya cenderung mahal. Yakni mencapai Rp 25 ribu per tabung.

”Normalnya itu harganya Rp 20 ribu per tabung sampai Rp 21 ribu per tabung. Kalau barangnya langka (gas elpiji, red) tidak bisa jualan. Kalau saya lebih baik mahal tetapi ada barangnya,” imbuhnya.

Baca: Elpiji 3 Kilogram di Kudus Langka, Gara-Gara Banyak yang Migrasi?

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations, and CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) Sub Holding Commercial and Trading PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho hanya memberikan sedikit keterangan. Dia menyarankan konsumen mencari di pangkalan gas elpiji. ”Di pangkalan elpiji tersedia,” ujarnya singkat.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.