Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 16 September: Meksiko Mendeklarasikan Kemerdekaannya dari Spanyol Tahun 1810

Catatan Sejarah Tanggal 16 September: Meksiko Mendeklarasikan Kemerdekaannya dari Spanyol Tahun 1810
Foto: Bendera Meksiko (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 16 September dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 16 September yang terjadi di berbagai negara, melansir Solopos.com dari beberapa sumber:

1810

Meksiko mendeklarasikan kemerdekaannya dari Spanyol yang sudah menguasainya selama 300 tahun. Deklarasi itu memicu Perang Kemerdekaan Meksiko yang berlangsung selama lebih dari satu tahun.

1920

Serangan bom mendera kawasan Wall Street, New York, Amerika Serikat (AS). Akibatnya, 38 jiwa melayang dan sedikitnya 400 orang terluka. Kasus pengeboman itu tak pernah terungkap, namun banyak pihak yang mengaitkannya dengan kelompok radikal di AS.

Baca juga: Catatan Sejarah Tanggal 15 September: Pembukaan Olimpiade Sidney Tahun 2000

1940

Italia berhasil menguasai Sidi Barrani di Mesir. Kekuasaan itu diraih setelah Italia bertempur melawan pasukan Inggris dan Mesir selama sepekan.

1947

Topan Kathleen menyapu wilayah Saitama dan Tokyo, Jepang. Akibat bencana itu, sedikitnya 1.930 orang kehilangan nyawa mereka.

1945

Jepang menyerahkan kekuasaannya di Hong Kong kepada Inggris. Penyerahan kekuasaan itu diterima langsung Laksamana Angkatan Laut Inggris Sir Cecil Harcourt. Hong Kong lantas menjadi wilayah kekuasaan Inggris hingga 1997.

1956

David Seth Kotkin lahir di Metuchen, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai ilusionis dengan nama panggung David Copperfield sejak 1974. Ia menjadi salah satu pesulap paling terkenal karena beberapa triknya yang mengagumkan.

1975

Papua Nugini meraih kemerdekaan penuh dari Australia. Kini, Papua Nugini merupakan anggota negara persemakmuran Inggris.

1978

Gempa bumi berkekuatan 7,4 SR mengguncang Tabas, Iran. Bencana alam tersebut menewaskan sedikitnya 15.000 orang.

1981

Nazril Irham atau lebih populer dikenal dengan nama Ariel Noah lahir 16 September 1981, adalah seorang musisi asal Indonesia berdarah Melayu & Minangkabau yang merupakan penyanyi-penulis lagu utama dari Noah Band.

1990

Jalur kereta api yang menghubungkan Tiongkok dan Kazakhstan selesai dibangun. Jalur kereta api tersebut merpakan salah satu jalur darat Eurasia yang terpenting dan memiliki manfaat besar.

2013

Pada 16 September 2013, Aaron Alexis, seorang pria bersenjatakan senapan, menembak mati 12 orang dan melukai tiga orang lainnya dalam penembakan massal di markas Sistem Komando Angkatan Laut Amerika Serikat (NAVSEA) di Washington Navy Yard di Washington, D.C.

2014

Pasukan Islamic State Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Suriah mulai mengepung wilayah Kobani Canton demi merebutnya dari kekuasaan Pasukan Pembebasan Suriah dan bala bantuannya. Pengepungan  berlangsung selama enam bulan dua hari, namun pasukan ISIS gagal menguasai wilayah Kobani Canton.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.