Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tak Selalu Merusak, Ini Manfaat Permen Karet untuk Gigi yang Perlu Diketahui

Tak Selalu Merusak, Ini Manfaat Permen Karet untuk Gigi yang Perlu Diketahui
Foto: Ilustrasi mengunyah permen karet (Robin Higgins dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Permen karet selama ini sering dianggap bisa merusak gigi. Oleh sebab itu, banyak orang tua yang melarang anak-anaknya agar tidak mengunyah permen karet.

Benarkah permen karet bisa merusak gigi? Ternyata anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Pasalnya, permen untuk gigi juga mempunyai potensi manfaat unuk gigi. Dengan catatan, produk permen karet yang dikonsumsi tidak mengandung bahan tertentu yang memang bisa berdampak tidak baik bag igigi.

Baca juga: Ibu Hamil Jangan Pakai Pasta Gigi Sembarangan, Sebaiknya Hindari yang Mengandung Bahan Ini

Melansir dari Hello Sehat, Kamis (15/9/2022), mengunyah permen, khususnya permen karet bebas gula, ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah gigi berlubang.

Dilansir dari American Dental Association, studi klinis dilakukan untuk mengetahui manfaat permen karet untuk gigi. Hasilnya, risiko kerusakan gigi berkurang dengan mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit setelah makan.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Mencegah gigi berlubang

Ketika Anda mengunyah permen karet, produksi air liur (saliva) akan meningkat. Peningkatan produksi liur dalam mulut membantu membersihkan sisa makanan yang masih menempel pada gigi.

Air liur juga bermanfaat untuk menetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri mulut. Jika dibiarkan begitu saja, zat asam tersebut lama kelamaan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, salah satunya gigi berlubang.

2. Mencegah erosi gigi

Erosi gigi merupakan kondisi ketika lapisan enamel/email gigi terkikis oleh asam yang diproduksi bakteri mulut. Kondisi tersebut dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Air liur mengandung sejumlah mineral bermanfaat yang baik untuk gigi.

Dalam air liur Anda dapat menemukan mineral-mineral seperti fosfat dan kalsium. Kedua kandungan mineral tersebut bermanfaat memperkuat lapisan enamel dan mencegah terjadinya erosi gigi.

Cara memilih permen karet yang tepat untuk gigi

Meski dapat membantu mengatasi gigi berlubang, pemilihan permen karet tidak boleh dilakukan sembarangan. Tak sedikit juga produk yang konsumsinya malah dapat merusak gigi Anda.

Beberapa jenis permen karet yang bisa dijadikan pilihan yakni sebagai berikut.

Permen karet bebas gula

Dalam memilih permen karet, pastikan Anda tidak membeli produk yang mengandung gula. Gula nantinya akan diubah oleh bakteri mulut menjadi asam yang merupakan penyebab gigi berlubang.

Guna mendapatkan manfaat permen karet untuk gigi, Anda bisa memilih produk yang bebas gula. Permen karet tanpa gula dapat membantu mengurangi asam yang merusak gigi di dalam mulut.

Permen karet dengan xylitol

Sebagai alternatif, Anda juga dapat memilih permen karet dengan kandungan xylitol. Xylitol merupakan pemanis alami pengganti gula yang bersifat antibakteri.

Xylitol bekerja dengan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Beda dengan gula, bakteri tidak dapat mengolah xylitol sebagai sumber makanannya.

Xylitol tidak dapat dipecah dengan mudah seperti gula biasa karena pada dasarnya pemanis alami ini merupakan ekstrak tanaman.

Permen karet dengan xylitol juga membantu memelihara pH (tingkat keasaman) dalam mulut tetap netral. Dengan begitu, konsumsinya tidak akan membentuk asam dalam mulut.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan xylitol membantu memperbaiki kerusakan enamel gigi. Ini karena air liur yang mengandung xylitol bersifat lebih basa dari air liur yang dirangsang oleh produk gula lainnya.

Setelah mengunyah permen karet xylitol, konsentrasi asam amino dan amonia dalam air liur dan plak akan naik, begitu pun pH plak gigi.

Ketika pH di atas 7, kalsium dan fosfat garam dalam air liur mulai melapisi enamel yang lemah dan kembali menguatkannya.

Permen karet tidak sepenuhnya melindungi gigi

Mengunyah permen karet memang mempunyai potensi manfaat. Namun, bukan berarti Anda boleh mengonsumsi permen karet secara berlebihan.

Anda juga tidak boleh mengabaikan perawatan gigi yang biasa dilakukan. Beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi yakni sebagai berikut.

  • Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, pagi setelah makan dan malam sebelum tidur.
  • Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Menyikat lidah secara rutin.
  • Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan kepala sikat yang pas dengan rongga mulut.
  • Flossing atau membersihkan kotoran di sela-sela gigi menggunakan benang gigi.
  • Mengurangi konsumsi makanan manis karena akan menjadi santapan bakteri mulut.
  • Melakukan pemeriksaan gigi secara rutin, setidaknya enam bulan sekali untuk memantau kesehatan gigi.

Jika Anda menemukan masalah pada gigi, segera konsultasikan ke dokter. Penanganan sedini mungkin dapat membantu mencegah kondisi Anda bertambah parah.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Ruangan komen telah ditutup.