Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Alasan dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mau Mengisi saat Dicas

Ini Alasan dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mau Mengisi saat Dicas
Foto: Ilustrasi isi daya Baterai laptop (José Manuel de Laá dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Laptop atau komputer jinjing saat ini makin dibutuhkan banyak orang. Dengan modelnya yang ringkas membuat perangkat ini mudah dibawa kemana saja.

Keberadaan laptop memang membantu mempercepat penyelesaiaan pekerjaan. Terlebih, bagi mereka yang punya mobilitas tinggi.

Meski demikian, ada kalanya muncul persoalan saat menggunakan laptop ini. Salah satunya adalah baterai laptop seringkali cepat habis atau tidak mau mengisi saat dicas.

Baca juga: Laptop Flagship Huawei MateBook X Pro Hadir di Indonesia, Ini Kelebihannya

Kalau sudah begini, tentunya akan mengganggu aktivitas. Lebih-lebih, jika pekerjaan harus diselesaikan dalam waktu yang cepat.

Melansir dari Gadgetren, ada banyak penyebab kenapa charger laptop tidak dapat mengisi. Karena itu, beberapa alasan di bawah ini mungkin dapat pakai untuk acuan agar lebih mudah mencari masalahnya sehingga dapat segera memperoleh solusi yang tepat.

Sambungan Bermasalah

Langkah pertama yang harus dilakukan saat sambungan bermasalah adalah memeriksa stop kontak, charger, dan laptop. Ketiga komponen ini harus tersambung dengan baik agar dapat mengalirkan daya ke baterai. Jika tidak ada masalah maka proses pengisian dapat berjalan dengan semestinya.

Namun jika charger tidak bisa mengisi, pengguna perlu memeriksa berbagai sambungan itu. Pastikan kabel tidak putus, steker menancap sempurna ke stop kontak, dan soket tidak longgar atau rusak.

Saat memeriksa sambungan bisa mudah dilakukan dengan menggunakan alat ukur bernama multimeter. Jika tidak memilikinya, dapat memasang ulang charger laptop ke stop kontak. Selain itu saat memeriksa sambungan juga dapat dilakukan dengan meminjam charger yang sama untuk memastikannya.

Konektor Baterai Tidak Terhubung Sempurna

Umumnya baterai laptop memakai konektor khusus agar dapat menyuplai daya. Saat bagian ini tidak terhubung sempurna, proses pengisian akan terganggu atau bahkan berhenti.

Untuk laptop dengan model baterai yang bisa dilepas, disarankan untuk dilepas dulu. Selanjutnya bersihkan konektor dengan sikat atau kain lap kemudian pasang kembali lalu lakukan pengisian daya.

Sementara untuk laptop dengan baterai tanam perlu dibongkar untuk memastikannya. Bagi pengguna yang masih awam disarankan untuk melakukannya pada orang yang lebih ahli agar tidak merusak komponen lainnya.

Kemampuan Charger Menurun atau Rusak

Karena pemakaian yang sudah lama, kemungkinan komponen-komponen di dalam charger bisa alami penurunan. Hal ini bisa jadi masalah karena umumnya akan membuat daya pengisian berkurang dari yang diperlukan laptop. Keberhasilan proses pengisian juga tergantung daya yang dapat dialirkan oleh charger. Jika charger tidak memenuhi kebutuhan minimal laptop, bisa saja baterai tidak dapat terisi karena suplai listrik hanya dapat membuat perangkat menyala.

Seperti barang elektronik pada umumnya, charger bisa benar-benar rusak. Pemakaian terus menerus juga bisa membuat komponen di dalamnya aus.

Selain itu kerusakan bisa semakin cepat jika adanya kesalahan pemakaian seperti korsleting. Untuk memeriksa persoalan seperti ini, meminjam charger laptop yang sesuai bisa jadi solusi. Jika daya laptop bisa terisi, maka perlu untuk segera membeli charger yang baru.

Penurunan Kemampuan Baterai Laptop

Selain charger, penurunan kemampuan juga dialami baterai laptop. Penurunan kemampuan ini bisa terjadi seiring berjalannya waktu. Secara umum, baterai laptop bisa lebih cepat rusak dibanding komponen elektronik lainnya.

Penurunan kemampuan baterai sangat mudah dikenali. Seperti daya tahannya yang semakin singkat sehingga laptop tidak bisa menyala dengan durasi sebenarnya meskipun sudah terisi penuh.

Selain itu laptop juga jadi tiba-tiba mati sendiri. Satu-satunya opsi pada masalah ini adalah dengan mengganti baterainya. Tapi untuk memastikannya, pengguna perlu membawa laptop ke tempat servis atau langsung ke pusat bantuan merek terkait.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gadgetren.com

Ruangan komen telah ditutup.