Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Uji Coba Pembatasan Pertalite, Maksimal Pembelian 120 Liter Per Hari

Ilustrasi isi BBM (istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – PT Pertamina (Persero) akan mulai melakukan uji coba pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis pertalite. Model pembatasan yang dilakukan adalah dengan memberikan angka pembelian maksimal dalam sehari.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, uji coba ini dilakukan sementara. Namun, komponen yang paling utama untuk dilakukan uji coba adalah pada sistem dan infrastruktur.

Irto mengatakan, untuk pembelian maksimal petalite adalah 120 liter perhari. Pengguna kendaraan yang sudah terdaftar, maka tidak akan bisa melebihi batas maksimal tersebut. Pasalnya sistem akan mencatat kendaraan dan melakukan penguncian dengan batas tertentu.

Baca: Menteri ESDM Buka Peluang Harga Pertalite Bisa Turun

”Tidak ada yang akan melanggar, karena konsepnya, ketika mencapai batas maksimal, secara sistem akan di-lock. Pompa di semua SPBU tidak akan bisa menyalurkan melewati batas tersebut,” tambahnya.

Adapun pembatasan ini berlaku untuk BBM jenis Pertalite. Sementara BBM jenis Solar mengikuti aturan BPH Migas.

Pembelian Solar untuk kendaraan pribadi roda empat maksimal 60 liter per hari. Angkutan umum orang atau barang roda empat 80 liter per hari, dan angkutan umum orang atau barang roda enam maksimal 200 liter per hari.

Baca: BBM Naik, SPBU di Grobogan Ini Mendadak Tersedia Pertalite

Irto menambahkan, Pertamina belum menjalankan aturan pembatasan konsumsi BBM subsidi lewat MyPertamina. Pihaknya masih menunggu selesainya revisi Perpres 191/2014 terkait ketentuan masyarakat yang berhak menggunakan Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Ruangan komen telah ditutup.