Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tiga Perlengkapan ini Wajib Ada saat Berkendara Motor di Kala Hujan, Apa Saja?

Tiga Perlengkapan ini Wajib Ada saat Berkendara Motor di Kala Hujan, Apa Saja?
Foto: Ilustrasi naik motor saat hujan (Arek Socha dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Berkendara sepeda motor di musim hujan tentu sangat berbeda dengan saat kemarau. Di mana, saat hujan lebih banyak halangan yang perlu diwaspadai karena berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Untuk itu, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan agar aktivitas tetap lancar meski harus menerobos hujan. Pastikan barang ini selalu ada dalam bagasi kendaraan.

Sedikitnya, ada tiga perlengkapan yang wajib ada saat berkendara di cuaca hujan, berikut daftarnya, seperti dikutip dari Federal Oil, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Perlukah Tekanan Angin Ban Motor Dikurangi saat Musim Hujan? Ini Penjelasannya

Jas Hujan Ideal

Jas hujan tentu sangat membantu mobilitas ketika riding di hujan. Namun agar tidak  timbul masalah dikemudian hari ketika memilih jas hujan, kita harus tahu jas hujan seperti apa yang memang ideal untuk digunakan.

Ideal di sini tentu bisa memenuhi unsur nyaman, safety dan benar-benar bisa melindungi tubuh dari terpaan air hujan.

Ada lima hal yang penting diperhatikan. Yakni model baju-celana, bahan PVC, jahitan sistem press, pilih warna terang dan tentunya juga sesuai ukuran.

Jas hujan berbahan Poly Vinyl Chloride (PVC) lebih kedap air dibanding bahan yang lainnya. Itu karena jas hujan berbahan PVC ini memiliki pori-pori yang lebih kecil dari bahan parasut dan plastik.

Cover Sepatu

Cara cerdas melindungi sepatu dengan cover sepatu bisa membantu melindungi sepatu dari basah dan lumpur tanah. Banyak cover sepatu yang ditawarkan di pasaran. Salah satunya lihat bagian sol di cover. Pilih sol yang bahannya karet dan nggak licin ketika dipakai.

Selanjutnya perhatikan bahan. Bahan cover selain anti air (waterproof) juga dipilih yang tidak mudah sobek.

Selama berkendara, aktivitas kaki turun naik, perlu didukung dengan cover sepatu berkualitas. Bahan yang lentur tidak mengganggu ergonomi kaki ketika dipakai naik turun.

Perhatikan juga penutupnya. Cover sepatu yang ideal tidak hanya mengandalkan satu penutup. Selain ritsleting juga ditambah dengan tali atau perekat agar bisa menutup sempurna dan air tidak mudah masuk atau rembes. Soal warna bisa diserasikan dengan warna jas hujan, atau sesuai warna favorit.

Jangan lupa perhatikan juga ukuran. Ukuran cover sepatu yang pas dengan sepatu pasti lebih nyaman dipakai.

Cover Tas

Sebagai pelindung tas dan isinya dari guyuran hujan, pemilihan cover tas penting juga. Pemilihan bahan jelas yang utama. Selanjutnya perhatikan jahitannya.

Cover yang bagus pada bagian jahitannya ada lipatan yang berfungsi menahan rembesan air di antara lubang jahitan.

Tali-tali pengikat di belakang tas pun jahitannya rapat sehingga tali tidak mudah lepas dari jahitan. Bahan tali juga lebih tebal dan lentur.

Yang lebih penting lagi bagian bawah lekukan cover bisa menutup rapat bagian bawah tas, sehingga air juga tidak mudah rembes ke bagian bawah tas.

Tambahan lagi, terutama buat pengguna skubek yang biasa meletakkan tas di dek tengah. Seringkali tanpa disadari bagian bawah tas basah hingga membuat basah isi bawaan yang ada di dalam.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Ruangan komen telah ditutup.