Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Minat Transportasi Kereta Api dari Blora Cukup Tinggi

Minat Transportasi Kereta Api dari Blora Cukup Tinggi
Pemkab Blora saat ini sedang mendorong pengembangan Stasiun Cepu yang kondisinya dirasa kurang luas. (Murianews/Dani Agus)

MURIANEWS, Blora – Minat warga Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggunakan transportasi kereta api cukup tinggi. Itu terlihat dari volume penumpang dari Stasiun Cepu mencapai seribu tiap harinya.

Kepala Stasiun Cepu Deni Wahyudi, mengatakan angka itu bisa meningkat saat weekend. Yakni volume penumpang dari Stasiun Cepu rata-rata mencapai 1300 penumpang saat akhir pekan.

”Dari jumlah penumpang itu, lebih condong separo ekonomi lokal kereta Cepu-Surabaya. Sedangkan, untuk arah semarang ada juga melalui beberapa kereta. Jumlah penumpangnya juga lumayan,” jelasnya, Kamis (15/09/2022).

Baca: Demi BLT BBM, Warga Blora Rela Antre Vaksinasi

Menurutnya, itu menunjukkan tren positif pada penggunaan moda transportasi kereta api. Lebih lagi, Stasiun Cepu bakal dikembangkan lagi ke depannya.

Dengan pengembangan Stasuiun Cepu, Deni beharap masyarakat bisa lebih nyaman lagi saat memanfaatkan moda transportasi kereta api.

Bupati Blora Arief Rohman menyambut baik rencana pengembangan dan penataan Stasiun Cepu tersebut.

Menurutnya, kereta api merupakan salah satu moda transportasi andalan masyarakat yang nyaman dan tepat waktu. Sehingga kenyamanan penumpang di stasiun harus diutamakan.

”Jika stasiunnya bagus dan nyaman, yang naik kereta pasti semakin banyak. Apalagi Cepu akan kami dorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah timur Jawa Tengah,” ujarnya.

”Pemkab siap mendukung pengembangan stasiun Cepu ini dan mendorong optimalisasi aset PT KAI agar dapat ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” imbuh Bupati.

Di kesempatan itu, Arief juga mengusulkan pengkajian reaktivasi jalur rel kereta api di Kabupaten Blora. Baik itu pada jalur Blora-Purwodadi, maupun Blora-Rembang.

”Kita berharap PT KAI dengan Ditjen Perkeretaapian bisa melakukan studi kelayakan aktivasi jalur rel kereta menuju Blora-Purwodadi-Demak ataupun Blora-Rembang,” tambahnya.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.