Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bank Ina Buka Cabang di Pati, Siap Jadi Konvensional dan Digital Guna Bantu UMKM Serta Korporasi

Bank Ina Buka Cabang di Pati, Siap Jadi Konvensional dan Digital Guna Bantu UMKM Serta Korporasi
Pembukaan kantor ditandai dengan pemotongan pita. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Bank Ina membuka kantor cabang di Kabupaten Pati. Mereka siap menjadi bank konvensional dan digital guna membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan korporasi di Kabupaten Pati.

Kantor cabang ini terletak di Jalan Jendral Sudirman Pati. Bank Ina Pati merupakan cabang ke 40 di seluruh Indonesia. Pembukaan kantor ini ditandai dengan pemotongan pita dan tumpeng.

Hadir dalam kegiatan itu, Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Direktur Utama Bank Ina Daniel Budirahayu, Direktur Retail Banking Bank Ina Budijanto Soedarpo dan Komisaris Bank Ina Yohanes Santoso Wibowo.

Lalu, Kepala KC Semarang Sudartanto Sukmo Permono dan Kepala KCP Pati Moch Amin Sonni. Selain itu, beberapa tamu undangan juga ikut menyaksikan pengguntingan pita ini. Salah satunya Mantan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Bank Ina, Daniel Budirahayu mengatakan, tim KCP Bank Ina Pati ini hampir 100 persen merupakan putra-putri daerah Kabupaten Pati.

Ia berharap hadirnya Bank Ina di Bumi Mina Tani ini bisa ikut andil dalam menumbuhkan ekonomi Pati. Terutama menumbuhkan usaha masyarakat di Kabupaten Pati.

Maka dari itu, pihaknya menargetkan sebelum akhir 2022, Bank Ina menjadi bank perpaduan antara bank konvensional dan bank digital.

”Kalau itu terjadi kita melayani korporasi dan UMKM. Kita akan bekerja sama dengan nasabah untuk membiayai nasabah,” tuturnya.

”Bukan hanya mengumpulkan dana tetapi juga menyalurkan. Pabrik Gula Pakis sudah bekerja sama. Mungkin nanti bisa korporasi lainnya,” imbuh dia.

Sementara itu, Pj Bupati Pati mengapresiasi dibukanya kantor cabang Bank Ina di wilayahnya. Ia berharap hadirnya Bank Ina dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Pati.

”Selamat semoga nanti menumbuhkan ekonomi Pati. Semoga bisa dimanfaatkan masyarakat Kabupaten Pati. Sehingga tumbuh bersama,” kata Henggar.

Baca: Asuransi Jiwa Nelayan dari Pemkab Pati Nunggak

Perlu diketahui, Bank Ina di 2022 ini mulai memasuki era produk dan layanan perbankan digital. Dalam waktu dekat, Bank Ina memperkenalkan aplikasi Digital Banking yang ditujukan kepada segmen usaha mikro dan kecil.

Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam pembukaan rekening tanpa harus tatap muka, transfer dana melalui BI-Fast dan kemudahan berbagai pembayaran menggunakan QRIS.

Bank Ina juga akan menawarkan pinjaman Digital kepada berbagai toko kebutuhan harian dan para pedagang segmen UMKM.

Sementara itu, berdasarkan laporan keuangan Perseroan per akhir Juli 2022, realisasi penyaluran kredit sudah mencapai Rp7,6 Triliun atau naik hingga 149 persen secara YoY (Year over Year). Di mana sebagian besar kredit disalurkan untuk jenis penggunaan modal kerja dan investasi.

Bank Ina juga terus memperhatikan dan berupaya meningkatkan hubungan bisnis serta transaksi dengan para nasabah retail dan korporasi yang sudah ada saat ini. Bank Ina sudah ada fasilitas mobile banking dan internet banking individu dan korporasi.

Program tabungan yang baru diluncurkan adalah Tabina Triple Untung. Program ini memberikan keuntungan pasti berupa cashback saat penempatan dana serta mendapatkan cashback juga saat melakukan transaksi di internet banking dan INA Mobile Banking. Program ini gratis biaya transaksi selama 20 kali di e-channel Bank Ina. (NAC)

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.