Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pernah Ada Ledakan, Desa Klambu Grobogan Justru Dapat Penghargaan

Pernah Ada Ledakan di Ponpes, Desa Klambu Grobogan Justru Dapat Penghargaan
Kades Klambu Sriyanti mendapat penghargaan dari Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi di Mapolres setempat, Kamis (15/9/2022). (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Kepala Desa Klambu dan Kaposkamling mendapat penghargaan dari Polres Grobogan di Mapolres setempat dalam momentum Apel Poskampling, Kamis (16/9/2022).

Pemberian penghargaan itu karena desa tersebut dinilai aktif dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayahnya.

Penyerahan penghargaan itu dilakukan dalam apel yang dipimpin langsung Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi. Di kesempatan itu juga menjadi momentum evaluasi kamtibmas.

Kepala Desa Klambu Sriyanti menyampaikan terima kasihnya kepada Kapolres atas apresiasinya kepada Desa Klambu.

Sriyanti menyebut, poskampling di desanya memang memiliki peran penting untuk mewujudkan situasi kondusif di wilayahnya.

Baca: Ada Ledakan di Klambu Grobogan, Satu Warga Terluka

”Poskamling di wilayah desa kami, telah dibina sejak lama. Dengan keaktifannya, Desa Klambu aman dan kondusif,” kata Sriyanti.

”Kami juga akan meningkatkan perannya. Jadi, tidak hanya keamanan lingkungan namun juga terkait antisipasi bencana alam,” kata Sriyanti.

Selain itu, juga karena desa tersebut berpartisipasi mengikuti lomba Kaposkamling yang digelar Polda Jateng. Meski, hingga kini Kades mengaku belum mengetahui waktu pengumuman pemenangnya.

Terlepas dari itu, pada 28 Januari 2022 lalu terdapat peristiwa ledakan di Desa Klambu. Kejadian itu membuat satu warga mengalami luka-luka.

Kapolres Grobogan dalam amanatnya menyampaikan, dalam menciptakan situasi kamtibmas khususnya di wilayah Kabupaten Grobogan, perlu adanya peran serta berbagai pihak, salah satunya yaitu peran para awak poskamling.

Benny menyebut, kegiatan ini merupakan wahana evaluasi terhadap keberadaan poskamling. Yakni dalam aktivitas kegiatannya dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban secara swakarsa di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

”Kami semua mengetahui keberadaan poskamling beserta seluruh perangkatnya merupakan garda terdepan kekuatan masyarakat dalam upaya menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal,” ujar Kapolres.

Para kaposkamling dan seluruh perangkatnya, tambah Kapolres, telah terbukti berbuat dan berusaha untuk mewujudkan rasa aman yang menjadi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat.

Dengan begitu, dalam kehidupan dinamika masyarakat yang semakin modern, keberadaan poskamling masih relevan dan sangat diperlukan.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.