Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jateng

Hasil Tes DNA Keluar, Mayat Terbakar Tanpa Kepala di Marina PNS Bapenda Semarang

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy saat memberikan keterangan kepada awak media. (Humas Polda Jateng)

MURIANEWS, Semarang – Hasil tes DNA mayat tanpa kepala yang ditemukan hangus terbakar di kawasan Marina Semarang akhirnya keluar. Sesuai dugaan, identitas mayat tersebut adalah PNS Bapenda Kota Semarang, Iwan Boedi Prasetijo Paulus.

Hal itu terungkap berdasarkan hasil tes DNA yang diambil dari sampel jasad tersebut dan dicocokan dengan DNA dari keluarga Iwan Boedi. Tes DNA itu dilakukan Puslabfor Mabes Polri sejak pekan lalu.

”Tes DNA dilakukan tim Puslabfor Mabes Polri dari lima sampel yakni tulang iga korban, tulang clavicula [entong], sampel 2 DNA anak laki-laki [Iwan Boedi] dan sampel DNA anak perempuan,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, dalam keterangan resminya, Rabu (14/9/2022).

Baca: Geger! Warga Semarang Temukan Mayat dan Motor Hangus Terbakar di Marina

Iqbal menegaskan dari hasil tes DNA itu ditemukan kecocokan yang hampir 100 persen. Dengan demikian, pihaknya pun berani menyimpulkan jika mayat tanpa kepala yang ditemukan merupakan PNS Bapenda Kota Semarang yang dilaporkan hilang sejak 24 Agustus 2022, Iwan Boedi.

Meski demikian, Iqbal mengaku surat resmi terkait hasil tes DNA dari Puslabfor Mabes Polri itu belum diserahkan kepada pihak keluarga.

”Kami dari Polda Jateng turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya almarhum,” ujarnya.

Lebih lanjut, terkait penyebab kematian korban, saat ini kepolisian masih melakukan investigasi. Meski demikian, sudah ada 14 saksi yang dimintai keterangan terkait hilangnya korban yang ditemukan dalam kondisi mengenaskan.

Baca: Mayat Terbakar Tanpa Kepala di Marina Diduga Pegawai Bapenda Semarang  

”Delapan (saksi) dari pihak keluarga, tiga rekan kerja, dan tiga saksi di TKP,” ungkap Iqbal.

Iqbal berharap kasus ini bisa segera terungkap jelas. Termasuk penyebab kematian korban serta motif pelaku.

Sebelumnya diberitakan Iwan Boedi, PNS Bapenda Kota Semarang dilaporkan hilang sehari sebelum menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus korupsi pengalihan aset oleh Ditreskrimsus Polda Jateng.

Setelah dua pekan menghilang, publik Kota Semarang digegerkan dengan penemuan mayat tanpa kepala di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang.

Mayat itu pun mengarah ke Iwan Boedi karena di sekitarnya ditemukan barang-barang milik PNS Bapenda Kota Semarang itu seperti sepeda motor dinas, komputer jinjing, hingga telepon seluler.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.