Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Lelang Jabatan Delapan Kadinas di Kudus Resmi Bergulir

Pendapa Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Lelang jabatan atau seleksi terbuka jabatan tinggi pratama (JTP) atau setara kepala dinas di delapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah resmi bergulir mulai 13 September hingga 17 September 2022 mendatang.

Para pelamar lelang jabatan sudah bisa mengirimkan lamarannya kepada panitia seleksi untuk mengikuti sejumlah tahapan seleksi tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus Hendro Muswinda mengatakan, sampai saat ini sejumlah pendaftar mulai mengirimkan berkas pendaftaran kepada panitia seleksi lelang jabatan.

”Hanya belum kami rekap, tapi yang jelas mereka memang sudah bisa mendaftar sampai tanggal 17 nanti,” katanya, Kamis (15/9/2022).

Baca: Lelang Jabatan Kadinas di Kudus, PNS Luar Daerah Boleh Daftar

Apabila sampai tanggal tersebut ada lowongan kepala dinas yang belum terisi sama sekali atau pendaftar di bawah tiga orang, maka pendaftaran lelang jabatan akan diperpanjang.

”Kalau sudah tiga kali perpanjangan belum ada yang mengisi juga ya sudah kami akan melaporkan ke KASN (Komite Aparatur Sipil Negara, red) untuk mendapat arahan lebih lanjut,” sambungnya.

Hendro menambahkan, setelah mendaftar pelamar akan menjalani sejumlah tahapan tes. Mulai dari administrasi, assessment di Mabes Polri, penelusuran rekam jejak, makalah dan presentasi.

”Bupati Kudus nanti juga memiliki kuasa untuk menambahkan tes wawancara kepada mereka yang melamar,” katanya.

Baca: RS Sarkies Digadang-gadang jadi Gedung Tertinggi di Kudus

Setelah melalui rangkaian tersebut, panitia seleksi akan merekomendasikan tiga nama kepada bupati untuk kemudian direkomendasikan kembali ke KASN

”Setelah turun, bupati punya kewenangan untuk menunjuk satu dari tiga nama tanpa memandang peringkat tesnya,” pungkas dia.

Sebagai informasi, delapan kepala OPD kosong yang akan diisi adalah Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata(Disbudpar), Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP).

Kemudian lima OPD sisanya adalah Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kudus, Inspektorat Kudus, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.