Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mudah dan Aman Membuka Pintu Mobil dari Dalam yang Penting Diketahui

Ini Cara Mudah dan Aman Membuka Pintu Mobil dari Dalam yang Penting Diketahui
Foto: Panel pintu mobil (Jos Didier dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Inovasi model mobil sekarang ini makin beragam disesuaikan dengan permintaan pasar dan perkembangan teknologi. Tidak hanya penampilan, bahkan inovasi juga dilakukan pada pintu mobil.

Saat ini ada beberapa mobil yang memiliki model pintu geser, disamping pintu konvensional. Di mana, untuk membuka pintu dan menutup ini dilakukan dengan menggesernya ke belakang dan ke depan.

Pintu mobil sekarang juga banyak memiliki fitur central lock, yakni sistem penguncian yang bisa mengunci seluruh pintu mobil secara bersamaan melalui satu tombol.

Baca juga: Mengenal Child Lock, Fitur Keamanan Pintu Mobil untuk Anak-Anak

Berkaitan dengan pintu ini, ada banyak orang yang mengalami kesulitan membuka pintu mobil dari arah dalam atau mau keluar dari kendaraan. Hal ini terkadang bikin jengkel dan malu.

Penyebab Pintu Mobil Terkunci

Melansir dari Suzuki.co.id, Anda mungkin akan panik jika tiba-tiba mobil tidak bisa dibuka dari dalam. Oleh karena itu, harus diketahui dulu penyebabnya sebelum mencari tahu bagaimana cara membuka pintu mobil dari dalam. Berikut ini beberapa penyebab yang perlu diwaspadai.

Fitur Child Safety Lock Masih Aktif

Penyebab pertama yang perlu Anda waspadai adalah kalau ternyata fitur child safety lock  masih aktif. Fitur ini memang untuk keamanan dan banyak ditambahkan pada mobil keluaran terbaru. Jika fitur ini masih aktif, maka tidak hanya dari dalam, pintu akan terkunci juga dan tidak bisa dibuka dari luar.

Ada Kotoran pada Handle Mobil

Adanya kotoran pada handle mobil, juga bisa membuat pintu tidak bisa dibuka dari dalam. Kotoran ini akan menumpuk dan membuat pintu menjadi seret.

Jika sampai kotoran ini terkontaminasi dengan udara, maka akan menyebabkan karat. Sebaiknya, lakukan pembersihan rutin sebelum handle ditemukan berkarat.

Rusak Akibat Benturan

Anda bisa coba mengingat, apakah pintu mobil awalnya sempat mengalami kerusakan yang diakibatkan benturan? Bahkan mungkin pernah ditabrak sampai penyok? Bisa jadi ini adalah salah satu penyebab pintu jadi tidak bisa dibuka.

Hal ini karena benturan tersebut bisa menyebabkan proses kerja pintu jadi berubah. Proses kerja yang berubah ini bisa dikarenakan perubahan posisi dari komponen handle pintu. Atau, bisa juga juga adanya kerusakan seperti lecet atau pecah pada bagian pintu.

Motor Penggeraknya Berkarat

Selain karena kotoran pada handle mobil, motor penggerak juga bisa berkarat. Hal ini bisa dikarenakan penggunaan yang sudah lama dan menyebabkan pintu mobil tidak bisa dibuka dari dalam.

Motor penggerak yang ditempeli karat bisa membuat pintu mobil susah dibuka, dan benar-benar terkunci.

Ada Masalah pada Kabel Penghubung

Penyebab terakhir bisa jadi terdapat pada kabel penghubungnya. Pintu mobil sendiri sebenarnya bisa dihubungkan dengan kabel.

Ketika kabelnya terputus atau mengalami masalah, maka pintunya tidak akan terbuka dari dalam. Biasanya, masalah ini tidak langsung mengenai semua pintu.

Jenis-jenis Pintu Mobil dan Cara Membukanya

Ada beberapa jenis pintu mobil yang biasa digunakan pada setiap mobil. Setiap pintu mobil, cara membukanya pasti berbeda. Jadi, Anda juga harus bisa cara membuka pintu mobil dari dalam sesuai dengan jenisnya. Simak daftar jenis pintu mobil berikut ini.

1. Pintu Konvensional

Jenis pintu mobil pertama adalah konvensional yang sudah sering dipakai pada mobil di pasaran. Mekanisme membukanya sama dengan membuka pintu rumah. Cara ini dianggap paling umum dan tidak perlu teknik khusus dalam proses membukanya.

2. Pintu Gunting

Untuk pintu jenis gunting ini mekanisme membukanya adalah dengan mengarahkan vertikal ke atas. Jadi, coba gerakkan buka-tutup pintu seperti gunting. Atau, lebih sederhananya, Anda bisa membuka dengan menariknya ke atas.

3. Pintu Geser

Pintu geser ini berbeda dengan lainnya karena dibuka dengan arah horizontal. Jadi, bukannya melebar ke samping, tapi hanya perlu mundur saja. Mekanisme membukanya adalah dengan menarik engsel pintu, kemudian pintu akan menggeser sendiri.

4. Pintu Gullwing

Pintu satu ini memiliki engsel di bagian atap mobil, jadi arah membukanya adalah ke atas. Anda tinggal menekan handle dan arahkan ke atas. Kesan dari pintu ini memang sporty tetapi berkelas, dan biasanya didesain untuk mobil-mobil brand mewah.

5. Pintu Swan

Pintu swan/angsa ini hampir mirip dengan model konvensional. Tetapi, bedanya adalah, engsel dari pintu ini lebih tinggi dan bisa menciptakan ruang yang banyak. untuk mekanisme membukanya sama dengan model konvensional.

6. Pintu Suicide

Pintu yang satu ini modelnya terbuka ke samping, sama dengan model konvensional. Untuk perbedaannya berada di bagian engsel pintu belakang. Jadi, pintu belakang akan terbuka dengan cara sebaliknya. Untuk pintu depan sama dengan model konvensional.

7. Pintu Butterfly

Pintu Butterfly sering disamakan dengan model gunting, tetapi sebenarnya berbeda. Perbedaannya yaitu ketika pintu dibuka, pintu Butterfly ini ketika dibuka akan melebar kesamping dulu baru mengayun ke atas. Jadilah tercipta ruang lebar untuk keluar masuk mobil.

8. Pintu Kanopi

Pintu kanopi ini cukup unik dan jarang digunakan. Keunikan akan terlihat ketika dibuka. Nantinya, yang terangkat adalah bagian kaca depan sampai atap. Jadi, penumpang dapat keluar masuk tanpa harus khawatir kiri kanan ada mobil lain.

9. Pintu Muka Mobil

Pintu yang satu ini berada tepat di muka mobil. Jadi, nantinya penumpang bisa keluar masuk dari sisi depan. Pintu ini adalah yang paling unik, Anda tinggal mendorongnya ke depan saja untuk membukanya. Memang paling jarang, tapi juga bisa memudahkan Anda.

10. Pintu Dihedral

Jenis terakhir adalah pintu dihedral yang mirip dengan model konvensional. Tetapi, ini akan terlihat perbedaannya ketika terbuka karena pintu ini akan bergerak keluar. Kemudian, pintu akan berputar 90 derajat pada bagian engsel. Pintu ini juga memberikan ruang lebih luas.

Langkah-langkah Membuka Pintu Mobil

Membuka Pintu Mobil dari Dalam Keadaan Normal

Cara membuka pintu mobil dari dalam ini cukup mudah, khususnya untuk mobil konvensional. Pertama, Anda tarik terlebih dahulu penguncinya. Lanjutkan dengan menarik handle pintu mobil. Setelah itu, tinggal dorong keluar dan pintu akan terbuka. Cukup mudah bukan?

Nonaktifkan Fitur Child Safety Lock

Langkah satu ini bisa diterapkan jika ternyata fitur child safety lock masih aktif. Anda bisa menggeser tuas pengaman dari posisi lock ke unlock. Cara ini akan otomatis membuat pintu bisa dibuka. Kalau ingin mengaktifkannya lagi, tinggal geser ke posisi sebaliknya.

Membersihkan Kotoran dan Karat yang Menempel

Jika ternyata ada kotoran yang menempel di motor penggerak maupun handle mobil, maka mobil juga tidak akan bisa dibuka dari dalam. Oleh karena itu, harus dilakukan pembersihan dengan mengoleskan anti karat. Kemudian, gosok sampai hilang dan coba kembali membuka handle mobil.

Itu dia cara membuka pintu mobil dari dalam yang bisa Anda terapkan sesuai kondisi yang dibutuhkan. Perhatikan juga beberapa penyebab dari pintu mobil terkunci dan pelajari solusinya. Jangan lupa untuk merawat mobil secara rutin supaya terhindar dari insiden ini.

 

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.