Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui, Ini Makanan Penguat Tulang yang Baik untuk Penderita Osteoporosis

Ketahui, Ini Makanan Penguat Tulang yang Baik untuk Penderita Osteoporosis
Foto: Ilustrasi (naturwohl-gesundheit dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Keropos tulang atau dikenal dengan istilah osteoporosis adalah salah satu penyakit yang biasanya terjadi pada orang yang memasuki lanjut usia (lansia). Penyakit ini bisa dialami oleh pria maupun wanita.

Osteoporosis adalah penyakit yang umumnya terjadi karena kerusakan jaringan tulang. Di mana, tulang mengalami penipisan dan pengurangan massa sehingga berdampak pada hubungan antar tulang.

Jika tidak dicegah dan diobati dengan baik, osteoporosis akan berdampak pada kualitas gerak tubuh Anda di kehidupan sehari-hari. Selain itu, penderita osteoporosis juga perlu lebih memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: Ini Pertolongan Pertama pada Patah Tulang yang Penting Diketahui

Melansir dari Hello Sehat, tulang sebenarnya dapat memperkuat dirinya sendiri selama Anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat untuk tulang, salah satunya melalui makanan yang bergizi. Berikut beberapa makanan penguat tulang yang bisa dijadikan bagi Anda yang mengalami gangguan sistem gerak yang satu ini.

Sebenarnya makanan sehat penguat tulang bukan hanya diperuntukkan untuk penderita gangguan kesehatan yang menyerang kerangka tulang manusia ini saja, tapi bisa dimakan untuk pencegahan terhadap pengeroposan tulang. Meski makanan tidak lantas menyembuhkan tulang yang keropos, setidaknya makanan dapat membantu memasok asupan nutrisi yang dibutuhkan tulang untuk cepat pulih dan kuat kembali.

Berikut berbagai makanan penguat tulang yang sebaiknya Anda konsumsi untuk membantu mengatasi tulang keropos agar tidak mudah patah tulang:

1. Sayuran berdaun hijau gelap

Sayuran berdaun hijau gelap merupakan sumber makanan terbaik yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Vitamin A, C, K, folat, zat besi, dan kalsium biasanya ada dalam jumlah yang cukup melimpah dalam jenis sayuran yang satu ini.

Sudah bukan rahasia bahwa berbagai kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam makanan dapat dikonsumsi untuk penguat tulang, khususnya kalsium.

Tubuh membutuhkan kalsium untuk membangun dan memelihara kekuatan tulang. Selain kalsium, vitamin K juga bagus dikonsumsi untuk membantu mengurangi risiko dan keparahan osteoporosis.

Untuk itu, jangan lagi malas makan sayuran hijau karena manfaatnya untuk tubuh dan tulang Anda sangatlah besar. Berikut berbagai sayuran berdaun hijau gelap yang bisa Anda coba konsumsi, seperti brokoli, bayam, sawi hijau, kale, dan bok choy.

2. Produk susu

Berbagai produk susu umumnya kaya akan kalsium dan vitamin D. Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi yang sama-sama membantu menjaga kesehatan tulang serta gigi. Kalsium membantu menjaga tulang tetap kuat, sementara vitamin D menjaga kadar kalsium dan fosfor di dalam darah.

Oleh sebab itu, tak salah jika produk susu termasuk ke dalam makanan dan minuman penguat tulang. Kedua nutrisi dalam makanan ini adalah dua faktor penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mengobati area yang keropos. Terutama karena vitamin D membantu menyerap kalsium di usus agar tidak dikeluarkan melalui ginjal.

Oleh karenanya, jangan lewatkan produk susu dalam menu harian Anda karena efeknya untuk tulang akan sangat terasa. Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan dan minuman produk susu seperti yoghurt, susu sapi, dan keju untuk menbantu mengobati tulang yang keropos.

3. Makanan yang kaya protein

Protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga jaringan tetap sehat termasuk jaringan otot. Dengan jaringan otot yang kuat, tulang memiliki penyangga yang kokoh. Oleh karena itu, jangan lewatkan sumber protein sehat dalam menu makanan harian Anda yang bertugas sebagai penguat tulang.

Adapun berbagai makanan protein sehat yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengobati tulang yang keropos yaitu:

  • Daging, disarankan daging tanpa lemak.
  • Unggas.
  • Ikan.
  • Telur.
  • Kacang-kacangan.
  • Produk kedelai, seperti tahu.

4. Makanan yang kaya akan vitamin C

Vitamin C membantu memaksimalkan penyerapan kalsium. Ketika dikonsumsi bersamaan dengan sumber kalsium, kombinasi nutrisi ini mampu memaksimalkan kekuatan tulang yang sudah terkena osteoporosis.

Untuk itu, makanan yang kaya vitamin C baik dikonsumsi untuk penguat tulang karena dapat mengatasi tulang keropos dan memulihkan kesehatan tulang bersama dengan pengobatan osteoporosis yang disarankan dokter. Anda bisa makan makanan yang kaya akan vitamin C, seperti:

  • Kiwi
  • Pepaya
  • Brokoli
  • Stroberi
  • Jeruk

5. Makanan yang mengandung magnesium

Selain kalsium dan vitamin D, magnesium juga termasuk mineral yang penting untuk membangun kekuatan tulang. Dikarenakan kemampuan tubuh untuk menyerap magnesium berkurang seiring bertambahnya usia, Anda perlu makan cukup magnesium setiap harinya.

Berikut sumber makanan yang kaya akan magnesium:

  • Dark chocolate
  • Alpukat
  • Kacang-kacangan
  • Tofu
  • Pisang

Untuk mengatasi tulang keropos, kombinasikan berbagai makanan sehat ini dengan obat dari dokter dan gaya hidup sehat lainnya. Tetap aktif berolahraga juga akan membantu mengembalikan kekuatan tulang dan menjaga Anda tetap aktif sepanjang hari.

Pantangan makanan untuk penderita osteoporosis

Selain makanan sehat penguat tulang, ada beberapa jenis makanan yang justru sebaiknya dihindari oleh penderita osteoporosis. Hal ini disebabkan, makanan atau minuman tersebut berpotensi memperparah kondisi tulang yang sudah keropos.

Tak hanya itu, makanan dan minuman ini juga sepatutnya dihindari untuk menurunkan risiko penyebab osteoporosis. Salah satu makanan yang dianggap sebagai pantangan untuk pasien pengeroposan tulang adalah makanan tinggi natrium.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Asia Pasific Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan asin meningkatkan risiko tulang keropos. Selain makanan tinggi natrium, produk kedelai seperti tahu dan tempe juga termasuk yang dilarang dikonsumsi karena kandungan oksalat di dalamnya menghambat penyerapan kalsium.

Tidak hanya makanan, tapi minuman yang biasa Anda konsumsi mungkin saja tidak baik untuk kesehatan tulang. Beberapa jenis minuman yang dianggap kurang sehat adalah minuman bersoda dan minuman mengandung kafein seperti kopi dan teh.

Dengan mengonsumsi makanan penguat tulang yang dianjurkan dan menghindari pantangan untuk pasien osteoporosis, Anda mungkin bisa mempertahankan kekuatan tulang lebih lama.

Begitu pula bagi Anda yang tidak mengalami osteoporosis, jangan tunggu muncul gejala pengeroposan tulang baru menjaga kesehatannya. Lebih baik, cegah tulang keropos sejak dini agar hidup lebih sehat dan kuat.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Ruangan komen telah ditutup.