Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ribuan Mahasiswa Baru UMK Dikenalkan Atmosfer Perguruan Tinggi

Mahasiswa baru Universitas Muria Kudus (UMK) mengikuti Sapamaba. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Ribuan mahasiswa baru Universitas Muria Kudus (UMK) mengikuti Masa Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru (Sapamaba) 2022 mulai Rabu-Jumat (14-16/9/2022). Dalam sapamaba yang digelar tiga hari ini, mahasiswa dikenalkan langsung atmosfer di perguruan tinggi UMK.

Pada tahun akademik 2022/2023 ini jumlah mahasiswa baru yang diterima di UMK tercatat sebanyak 2.438 mahasiswa.

Wakil Rektor 1 UMK Dr Sulistyowati mengatakan, Sapamaba merupakan upaya dari kampus untuk menyiapkan mahasiswa baru yang sebelumnya belajar di SMA dan bertransformasi untuk belajar di perguruan tinggi yang sangat berbeda. Sehingga, memang perlunya penyiapan sejak dini.

”Mahasiswa baru harus mengenal tata kelola proses belajar mengajar akademik dan kegiatan soft skill kemahasiswaan yang ada di UMK,” katanya, Rabu (14/9/2022).

Baca: UMK Punya Ribuan Mahasiswa Baru di Tahun 2022 Ini

Ia menjelaskan, Sapama bukanlah merupakan kegiatan perploncoan. Melainkan, kegiatan yang lebih menekankan pada usaha memfasilitasi mahasiswa baru untuk lebih mengenal lingkungan studi di perguruan tinggi.

”Ini salah satu tahapan untuk menyiapkan menjadi mahasiswa dewasa dan mandiri, dan tentunya mempersiapkan dalam beradaptasi memasuki atmosfer yang ada di perguruan tinggi yang menuntut kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, hingga kecerdasan emosinal,” jelasnya.

Baca: UMK Amankan Data Mahasiswa yang Diduga Dijual di Forum Breached

Adanya Sapamaba, sambung dia, diharapkan mahasiswa memiliki modal yang cukup untuk mengenal dan beradaptasi. Mereka juga diharapkan memiliki sikap dan perilaku yang bertanggungjawab terhadap hasil yang melalui proses tahapan yang benar.

”Jadi tidak hanya cerdas secara intelektual saja, tapi juga secara spiritual. Punya sikap dan attitude yang menjunjung tinggi moral serta norma akademik kampus,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.