Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 14 September: OPEC Didirikan di Baghdad Tahun 1960

Catatan Sejarah Tanggal 14 September: OPEC Didirikan di Baghdad Tahun 1960
Foto: Bendera OPEC (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 14 September dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 14 September yang terjadi di berbagai negara, melansir Solopos.com dari beberapa sumber:

1808

Pertempuran antara pasukan Rusia dan pasukan Swedia meletus di wilayah Oravais, Finlandia. Pertempuran dimenangkan Rusia. Pasukan Swedia harus kehilangan sekitar 740 tentaranya yang meninggal di medan pertempuran dan 100 tentaranya yang ditangkap pasukan Rusia.

1812

Tentara Rusia bersama warga sipil membakar sejumlah bangunan di Kota Moskow. Hal itu dilakukan agar Moskow tak dikuasai pasukan Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte. Benar saja, upaya itu berhasil membuat pasukan Prancis mundur dari Moskow.

Baca juga: Ini Sejarah Sam Poo Kong, Klenteng Cina Tertua di Kota Semarang

1829

Kesultanan Ottoman dan Kekaisaran Rusia menandatangani Perjanjian Adrianople di Adrianople atau kini Edirne, Turki untuk mengakhiri Perang Rusia-Turki yang berlangsung sejak 1828. Kesultanan Ottoman berjanji akan memberikan kelonggaran kepada Yunani dan Serbia untuk membentuk pemerintahan sendiri.

1917

Kekaisaran Rusia secara resmi berubah menjadi negara berbentuk republik. Sebelumnya, sejak 1547, Rusia merupakan negara monarki. Pada 7 November 1917, Rusia secara resmi bernama Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia.

1940

Sebanyak 158 warga sipil berkebangsaan Rumania di Ip, Salaj, Kerajaan Hungaria—kini menjadi wilayah Rumania—dibantai tentara Hungaria. Ini merupakan upaya Hungaria yang ingin membersihkan etnis Rumania dari wilayah kekuasaannya. Peristiwa itu dikenang dengan nama Pembantaian Ip.

1943

Pasukan Jerman membunuh sekitar 500 warga sipil di Viannos, Pulau Kreta, Yunani. Pembantaian terhadap warga sipil itu berlangsung sekitar tiga hari. Selain itu tentara Jerman juga membumihanguskan rumah serta hasil panen milik warga Viannos.

1944

Kota Maastricht menjadi wilayah pertama di Belanda yang berhasil dibebaskan Sekutu dari cengkeraman Jerman. Sebelumnya, kota tersebut telah dikuasai Jerman sejak 1940.

1960

Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) atau Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi didirikan di Bagdad, Irak. Organisasi ini bertujuan menegosiasikan masalah-masalah produksi, harga, dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak.

1982

Grace Patricia Kelly adalah aktris Amerika Serikat pemenang Academy Award, dan bergelar Her Serene Highness The Princess of Monaco (Grace, Putri dari Monako) setelah menikah dengan Rainier III dari Monako pada tahun 1956. Ia meninggal pada 14 September 1982.

2007

Wahana antariksa pertama milik Jepang yang diberi nama Kaguya diluncurkan pada 14 Maret 2007. Peluncuran Kaguya adalah salah satu misi Jepang sebelum melaksanakan misi pengiriman astronot ke bulan pada 2025 mendatang.

2008

Aeroflot Penerbangan 821, dioperasikan oleh Aeroflot-Nord dengan persetujuan dengan Aeroflot, jatuh di dekat kota Perm pada tanggal 14 September 2008. Seluruh 82 penumpang dan 6 kru meninggal.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.