Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hapus Daya Listrik 450 VA, Kementerian ESDM: Masih Butuh Kajian Detail

Hapus Daya Listrik 450 VA, Kementerian ESDM: Masih Butuh Kajian Detail
Ilustrasi petugas PLN memelihara jaringan di wilayah Kabupaten Grobogan. (MURIANEWS/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Jakarta – Rencana penghapusan daya listrik 450 Volt Ampere (VA) masih menghantui masyarakat kecil. Terlebih, daya yang semula 450 VA akan dialihkan ke 900 VA. Sehingga, dimungkinkan tagihan listrik juga akan naik.

Namun, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih membutuhkan kajian yang mendalam dan detail terkait penghapusan daya listrik 450 VA tersebut.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengakui memang sempat membahas masalah penghapusan daya listrik 450 VA tersebut kepada Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

Namun, pembahasan itu diakui masih belum final. Sebab, masih membutuhkan kajian dan pembahasan yang lebih detail.

Baca: Ini Alasan Daya Listrik 450 VA akan Dihapus

”Usulan pengalihan tersebut masih memerlukan kajian dan pembahasan yang lebih detail termasuk analisis cost and benefit, sehingga harus dipastikan rencana tersebut tidak memberatkan pelanggan yang menjadi sasaran,” ungkap Agung, dikutip dari dalam laman resmi Kementerian ESDM, Rabu (14/9/2022).

Dia juga menjelaskan, pemerintah dan DPR membahas rencana pengalihan daya listrik 450 VA menjadi 900 VA agar subsidi lebih tepat sasaran ke depannya.

Namun, Agung memastikan alokasi subsidi listrik tak akan dikurangi tahun depan. Hanya saja, DPR meminta pemerintah untuk mengendalikan subsidi lebih ketat.

Baca: Banggar DPR dan Pemerintah Sepakat Hapus Daya Listrik 450 VA

”Rencana migrasi 450 VA ke 900 VA tersebut didasari keinginan agar subsidi listrik diberikan lebih tepat sasaran. Pada prinsipnya alokasi subsidi listrik  2023 tidak ada pengurangan, hanya DPR menginginkan agar ada pengendalian subsidi listrik melalui pemberian subsidi yang lebih tepat sasaran,” jelas Agung.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: esdm.go.id

Ruangan komen telah ditutup.