Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Respon Pernyataan Effendi Simbolon, Jenderal Dudung: TNI Punya Harga Diri  

Respon Pernyataan Effendi Simbolon, Jenderal Dudung: TNI Punya Harga Diri  
Jenderal Dudung (Dok. Instagram)

MURIANEWS, Jakarta – Perkataan Effendi Simbolon yang menyebut TNI seperti Gerombolan, direspon langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Jenderal bintang empat itu menegaskan  bahwa TNI mempunyai harga diri yang harus senantiasa dipertahankan. TNI juga punya kehormatan yang menurutnya patut diperjuangkan.

”Saya dengar hari ini Pak Effendi Simbolon akan press confenrence dan meminta maaf. Ya artinya menurut saya memang beliau punya hak konstitusional sebagai anggota dewan. Tetapi kami TNI, khususnya TNI AD punya kehormatan dan harga diri,” kata Dudung, dikutip dari Detik.com, Rabu (14/9/2022).

Baca: Ini Penjelasan Effendi Simbolon Soal TNI Seperti Gerombolan

Dudung menegaskan, kehormatan dan harga diri itulah yang tak boleh diganggu oleh siapa pun. Terlebih, TNI mempunyai tugas untuk melindungi dan membantu rakyat.

”Ini yang tidak boleh diganggu, kami TNI AD melaksanakan tugas-tugas baik di daerah operasi maupun tugas-tugas lainnya untuk membantu rakyat ini luar biasa. Kasihan prajurit-prajurit kita,” kata Dudung.

Dia juga meyakini bahwa apa yang dikatakan Effendi Simbolon itu murni dari dirinya sendiri, bukan atas nama anggota komisi atau pun atas nama partainya.

Baca: Darah Dandim Cilegon Mendidih Dengar Effendi Sebut TNI Seperti Gerombolan

”Saya yakin bahwa yang disampaikan Pak Effendi Simbolon tidak mewakili anggota dewan. Apalagi mewakili partainya, setahu saya PDI Perjuangan itu betul-betul sangat dekat dengan TNI AD, selalu perhatian kepada wong cilik,” katanya.

Sehingga, lanjut Dudung, tidak mungkin perkataan Effendi itu mewakili partai atau anggota dewan. Menurutnya, anggota Komisi I DPR RI semuanya baik.

”Semua baik, setahu saya baik. Karena selama ini kami mengikuti RDP itu hal-hal baik yang disampaikan,” tutupnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Ruangan komen telah ditutup.