Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Soal Hacker Bjorka, Mahfud MD: Sudah Teridentifikasi

Soal Hacker Bjorka, Mahfud MD: Sudah Teridentifikasi
Mahfud MD bersama dengan Kepala BIN, Kapolri dan sejumlah menteri terkait (Kompas.com)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa hacker Bjorka saat ini sudah teridentifikasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri.

Namun Mahfud MD masih menyembunyikan identitas dari pembobol data-data kenegaraan di Indonesia tersebut. Sebab, menurutnya hingga saat ini masih dilakukan penyelidikan mendalam oleh tim khusus yang sudah dibentuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Diketahuinya identitas Bjorka ini setelah pihaknya melakukan rapat dengan Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BSSN Hinsa Siburian dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu (14/9/2022).

”Kita terus menyelidiki karena sampai sekarang ini memang gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan,” kata Mahfud, dikutip dari Kompas.com, Rabu (14/9/2022).

Baca: Diblokir Twitter, Bjorka Buat Akun Baru Tawarkan Bantuan untuk Pemerintah

Tidak hanya identitas, bahkan Mahfud juga menyebut bahwa Tim Khusus itu sudah mengetahui keberadaan atau posisi Bjorka saat ini.

“Gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” terang dia.

Diketahui hacker Bjorka akhir-akhir ini memang cukup membuat publik tercengang. Sebab, berbagai data rahasia, berhasil dibocorkan olehnya. Bahkan identitas para pejabat penting juga sempat dibocorkan.

Kemudian dokumen rahasia negara juga turut dibobol oleh Bjorka. Namun, berbagai dokumen yang disebar Bjorka melalui akun media sosial itu, ternyata dibantah oleh sejumlah pejabat terkait.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.