Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

DPRD Kudus Imbau Penyaluran BLT BBM Diawasi Ketat

Penyaluran BLT BBM di Desa Pedawang Kabupaten Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – DPRD Kudus, Jawa Tengah mengimbau pengawasan penyaluran BLT BBM harus dilakukan secara ketat. Ini dilakukan agar bantuan tersebut tepat sasaran, yakni masyarakat yang benar-benar dari golongan tidak mampu.

Anggota Komisi B DPRD Kudus Achmad Yusuf Roni mengapresiasi BLT BBM untuk masyarakat yang diberikan oleh pemerintah. Namun, dia berharap agar bantuan yang diberikan tepat sasaran.

”Penerima BLT BBM harus benar-benar masyarakat yang butuh dan terdampak kenaikan harga BBM. Oleh sebab itu harus ada pengawasan yang dilakukan,” katanya, Rabu (14/9/2022).

Yusuf Roni menambahkan, jangan sampai ada penerima kategori mampu yang mendapat BLT BBM ini. Pihaknya juga akan mendorong DPRD untuk turun ke lapangan melakukan pengawasan.

”Kami dari Dewan akan mengajak teman-teman di komisi untuk melihat langsung penyaluran BLT BBM ini. Kemudian berapa yang dapat dan sejauh ini yang sudah dapat benar-benar kategori mampu atau tidak,” sambungnya.

Baca: Penyaluran BLT BBM di Kudus Capai 52 Persen, Per Orang Dapat Rp 500 Ribu

Lebih lanjut, Yusuf menyampaikan kepada warga yang mendapatkan dana BLT BBM untuk dapat dimanfaatkan dengan baik. Yakni peruntukannya untuk memenuhi kebutuhan primer.

”BLT BBM ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan sampai kebutuhan sekunder justru diprioritaskan,” sambungnya.

Pihaknya juga meminta masyarakat memanfaatkan dengan baik bantuan yang sudah didapatkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Selain itu harus bersiap diri ketika bantuan tersebut sudah digunakan.

”Masyarakat tidak dapat bergantung  terus menerus dengan program bantuan. Karena bantuan ini sifatnya hanya stimulus dan tidak mungkin dilakukan secara terus menerus,” imbuhnya.

Baca: Warga Kudus Antusias Cairkan BLT BBM

Untuk diketahui, sebanyak 52 ribu masyarakat di Kudus akan menerima BLT BBM tahun ini. Masing-masing akan menerima bantuan tunai sebesar Rp 500 ribu.

Rinciannya yakni penerimaan meliputi BLT BBM dua bulan sebesar Rp 300 ribu, dan BLT sembako bulan September sebesar Rp 200 ribu.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.