Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Penyaluran BLT BBM di Kudus Capai 52 Persen, Per Orang Dapat Rp 500 Ribu

Penyaluran BLT BBM di Desa Pedawang Kabupaten Kudus. (Murinaews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, hingga Selasa (13/9/2022) telah mencapai 52 persen. Atau sekitar 27 ribuan warga penerima dari total 52 ribu warga penerima manfaat.

Kepala Kantor Pos Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Nola Wahyuni mengungkapkan, penyaluran BLT BBM sudah dilakukan sejak Jumat (9/9/2022). Di mana penyalurannya dilakukan setiap hari dan disesuaikan dengan kesiapan tempat di masing-masing desa.

”Jadi kalau semisal ada 15 desa yang siap di hari ini ya akan dilaksanakan di 15 desa tersebut,” kata Nola, Rabu (14/9/2022).

Terkait nominal, masing-masing dari penerima akan menerima bantuan tunai sebesar Rp 500 ribu. Dengan rincian penerimaan meliputi BLT BBM dua bulan sebesar Rp 300 ribu dan BLT sembako bulan September sebesar Rp 200 ribu.

”Semoga bantuan yang diberikan pemerintah ini bisa meringankan beban warga,” ujarnya.

Baca: Warga Kudus Antusias Cairkan BLT BBM

Para warga penerima bantuan sendiri antusias mencairkan bantuan dengan nominal Rp 300 ribu ditambah bantuan pangan tunai sebesar Rp 200 ribu itu.

Antusiasme warga penerima manfaat, juga terlihat di Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang mencairkan BLT BBM pada Selasa (13/9/2022) kemarin. Mereka, bahkan datang sebelum petugas tiba di lokasi penyaluran di Balai Desa Pedawang.

”Di Desa ini ada sebanyak 216 warga yang menerima manfaat, ya yang namanya bantuan pada antusias semua, bahkan sebelum petugas datang mereka sudah datang,” kata Kepala Desa Pedawang Sofian Alfianto.

Baca: 2 Warga Klaten Dijambret Usai Ambil BLT BBM

Dia mengatakan, sebagian besar warga penerima manfaat di desanya adalah para warga dengan status putus kerja atau tidak bekerja. Sehingga dia memastikan bantuan BLT BBM dengan nominal total Rp 500 ribu ini tepat sasaran.

Dia pun berharap warganya bisa memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya. ”Yang paling penting digunakan untuk mencukupi kebutuhan pokok terlebih dahulu, baru setelahnya bisa digunakan untuk keperluan lain sesuai kebutuhan,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.