Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mengunjungi Desa Wisata Tebat Lereh di Sumsel, Saksikan Panorama Alam dan Ragam Budayanya

Mengunjungi Desa Wisata Tebat Lereh di Sumsel, Saksikan Panorama Alam dan Ragam Budayanya
Foto: Panorama Desa Wisata Tebat Lereh di Kota Pagar Alam, Sumsel. (kemenparekraf.go.id)

MURIANEWS, Pagar Alam – Ada cukup banyak desa wisata yang ada di Sumatera Selatan. Salah satunya adalah Desa Wisata Tebat Lereh di Kota Pagar Alam.

Desa wisata ini punya daya tarik utama wisata alam yang indah dan budayanya. Pada tahun 2022 ini, Desa Wisata Tebat Lereh berhasil masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Desa yang berada di area perbukitan ini memiliki objek wisata mulai dari wisata alam sampai wisata budaya serta kuliner, yang digagas oleh para remaja desa.

Baca juga: Masuk 50 Besar ADWI 2022, Ini Pesona Desa Wisata Pentagen Jambi

Desa Wisata Tebat Lereh memiliki air terjun Cughup Napal Kuning yang menjadi primadona wisatawan. Memiliki ketinggian sekitar 8 meter dari permukaan sungai. Dinamakan Air Terjun Napal Kuning karena jalanan yang dilalui untuk mencapai tempat ini adalah jalanan terjal dan licin yang terbuat dari tanah napal dan liat. Untuk mencapai air terjun ini ditawarkan paket wisata menggunakan motor ATV.

Selain itu, juga ada agrowisata, sebagian besar penduduk di desa ini bermata pencaharian sebagai petani, sehingga wisata dengan melihat langsung kegiatan bercocok taman di desa ini bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi masyarakat desa yang kompak dalam mengembangkan desa wisatanya. ”Kami lihat daya tarik selain air terjun dan juga budaya yang luar bisa dengan produk ekonomi kreatifnya. Kami akan terus mendukung dengan harapan desa wisata ini menjadi peluang usaha dan peluang kerja. Karena desa wisata ini digagas oleh para remaja, jadi harus kita apresiasi,” katanya, saat visitasi 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia di Desa Wisata Tebat Lereh di Pagar Alam, Sumatera Selatan, Selasa (13/9/2022), dikutip dari laman Kemenparekraf.

Menparekraf Sandiaga berharap Pagar Alam bisa bersinergi dengan Bengkulu Selatan agar bisa saling mendukung pengembangan destinasi wisata di masing-masing daerah.

”Kita berharap Bengkulu Selatan bisa bersinergi karena destinasinya di sini, tapi harus ditopang oleh berbagai destinasi lainnya. Saya juga sudah bicara dengan Pak Walikota agar dapat membuat event, karena destinasi harus dilengkapi dengan atraksi. Mungkin tahun depan ada Festival Kopi Robusta,” kata Menparekraf.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: kemenparekraf.go.id

Ruangan komen telah ditutup.