Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Data Mahasiswa UMK Diduga Bocor, Dijual di Forum Breached

Tangkapan layar Forum Breached yang menawarkan data mahasiswa UMK. (Murianews)

MURIANEWS, Kudus – Data mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) diduga diretas dan dijual di Forum Breached (Breach Forums). Ada 12 ribu data mahasiswa UMK yang dijual akun Newbie di forum yang digunakan hacker Bjorka menjual data tersebut.

Data mahasiswa yang dijual di Forum Breached itu, merupakan data mahasiswa KKN tahun 2018.

Bahkan di situs tersebut terdapat list sejumlah data dalam menu leaks market yang dijual para hacker lain seperti akun Bjorka yang menjual ‘Indonesia Citizenship Database Form KPU 105M’ hingga ‘Indonesia SIM Card Phone Number Registrasion’.

Baca: Diblokir Twitter, Bjorka Buat Akun Baru Tawarkan Bantuan untuk Pemerintah

Sementara data mahasiswa UMK yang dijual akun Newbie, diberi label selling dan diberi nama ‘Indonesia Universitas Muria Kudus UMK.AC.ID’. Tawaran ini diunggah pada 26 Agustus 2022.

Di sana juga ditawarkan hingga 12 ribu data yang mencakup foto, alamat, nama lengkap, nomor handphone dan data lain.

Bahkan di contoh data yang dipampangkan di bawahnya, terdapat jurusan, hingga nomor induk mahasiswa yang terpampang.

Baca: Respon Ulah Hacker Bjorka, Jokowi Bentuk Tim Khusus

Akun Newbie yang menjual data mahasiswa UMK itu, baru bergabung pada bulan Agustus 2022.

Saat dikonfirmasi Murianews, Rektor UMK Prof Darsono mengaku belum mengetahui adanya data mahasiswa yang dijual tersebut. Pihaknya baru mengetahui hal tersebut setelah mendapatkan telepon dari sejumlah awak media.

Pihaknya akan segera mengkoordinasikan hal tersebut dan menangani permasalahan tersebut. Sehingga data mahasiswa bisa tetap aman.

”Kami akan koordinasi dengan pihak internal kampus. Dan kami akan segera lakukan pengamanan tentang data-data mahasiswa itu,” jelasnya,  Selasa (13/9/2022)

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.