Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Uang Puluhan Juta Penjaga SD di Solo Dimakan Rayap, Begini Respon BI

Uang tabungan milik penjaga sekolah kontrak di SD Negeri Lodjiwetan, Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Solo, dimakan rayap. Foto diambil Selasa (13/9/2022). (detikJateng/Agil Trisetiawan Putra)

MURIANEWS, Solo – Nasib nahas menimpa penjaga sekolah dasar negeri (SDN) Lojiwetan di wilayah Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, Samin (53). Uang puluhan juta tabungan selama 2,5 tahun yang akan digunakan untuk ibadah haji rusak dimakan rayap.

Tak tanggung-tanggung, uang yang disimpan nilai mencapai kurang lebih Rp 100 juta. Beruntung saat diperiksa masih ada 50 juta yang masih utuh.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan pihaknya melayani penukaran uang rusak. Dia mempersilakan masyarakat yang memiliki uang rusak untuk dibawa ke BI.

Baca: Pilu! Uang Puluhan Juta Celengan Penjaga SD di Solo untuk Berhaji Dimakan Rayap

”Silakan saja dibawa ke BI dulu. Nanti akan dicek kelayakannya oleh tim kami,” ujar Joko seperti dikutip detikJateng, Selasa (13/9/2022).

Ia menjelaskan, kerusakan uang yang masih dianggap layak untuk ditukar ialah sebesar sepertiga bagian uang. Artinya, dua per tiga uang kertas tersebut dalam keadaan tidak rusak.

”Jai ada syaratnya soal kerusakan maksimalnya. Tim kami akan mengecek keaslian uang itu, kemudian dicek apakah kerusakan lebih dari sepertiga bagian,” ujarnya.

Joko juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih baik menyimpan uang di bank. Dengan demikian, risiko rusak maupun hilang akan lebih kecil.

Hingga saat ini pihaknya pun terus mengedukasi masyarakat agar menyimpan uang di bank agar lebih aman dari kehilangan atau kerusakan.

”Apalagi di zaman digital ini, pembayaran apapun pakai QRIS, jadi semakin mudah,” tambahnya.

Sebelumnya, uang puluhan juga yang ditabung di dalam dua kardus milik penjaga sekolah dasar negeri (SDN) Lojiwetan di wilayah Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, Samin (53) rusak dimakan rayap. Uang tersebut merupakan uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu.

Sedianya uang tersebut akan digunakan mendaftar haji bersama istri dan anaknya. Namun, keinginannya terpaksa pupus lantaran uang tersebut dimakan rayap.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: detikJateng

Ruangan komen telah ditutup.