Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips Jual Motor Bekas biar Cepat Laku dengan Harga Tinggi

Ini Tips Jual Motor Bekas biar Cepat Laku dengan Harga Tinggi
Foto: Ilustrasi motor bekas (Andrew Poulton dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Keberadaan sepeda motor saat ini seolah sudah menjadi kebutuhan penting. Soalnya, banyak kemudahan yang didapat dengan memiliki sepeda motor, terutama untuk mempermudah akses transportasi.

Untuk memiliki sepeda motor ini, sebagian orang memilih membeli motor bekas saja karena pertimbangan dana yang dimiliki. Namun, banyak juga yang memilih membeli motor baru karena mendapatkan beberapa manfaat, baik dengan cash atau tunai.

Sebagian lagi ada yang membeli motor dengan cara tukar tambah. Yakni, menjual motor yang dimiliki dan setelah laku dibelikan motor yang diinginkan.

Baca juga: Kenali Istilah yang Biasa Digunakan dalam Jual Beli Motor Bekas

Namun, untuk menjual motor bekas ini ternyata tidak mudah. Terutama, agar motor cepat laku dan harga jualnya tetap tinggi.

Oleh sebab itu, perlu kiat-kiat tersendiri dalam menjual motor bekas ini. Terlebih di masa pandemi ketika bisnis motor bekas ikut terdampak.

Nah, berikut ini ada tips menjual motor bekas agar cepat laku, dilansir dari laman Suzuki.co.id.

1. Mengecek dan Memperbaiki Kondisi Motor

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengecek kondisi motor secara menyeluruh. Dilakukan inspeksi dari segi mesin dan juga eksterior motor. Kekurangan dari kualitas mesin dan tampilan motor bisa menjadi pengurang harga nantinya. Selain itu untuk menghindari terjadinya komplain dari pembeli setelah melakukan penjualan.

Anda bisa pergi ke bengkel untuk menanyakan keseluruhan kondisi motor. Jika ada beberapa bagian yang rusak tidak ada salahnya untuk menggantinya terlebih dahulu. Pastikan juga tampilan motor sesuai dengan yang tertera pada STNK.

2. Menjual dengan Harga Sedikit di Bawah Harga Pasar

Survei harga pasaran adalah hal wajib yang dilakukan sebelum Anda memasang harga di iklan. Pastikan Anda sudah memantau harga dari motor sejenis dari merk, tahun keluaran dan tampilannya.

Sesuaikan juga dengan daerah tempat Anda akan menjual, karena biasanya harga akan berbeda sesuai kota. Anda bisa mengecek harga ini melalui online agar mudah.

Usai mengetahui harga pasarannya Anda perlu memberikan harga sedikit di bawah harga pasar. Bisa harga lebih murah terpatu Rp 50.000 atau Rp 100.000. Harga yang lebih murah akan menarik perhatian sehingga lebih cepat laku.

3. Pastikan Surat-Surat Lengkap

Satu lagi yang menjamin harga jual semakin tinggi adalah kelengkapan berkas motor. Ketika Anda ingin menjual motor dengan tidak ada BPKB maka bisa dianggap sebagai motor curian.

Tidak banyak yang mau menerima motor tanpa BPKB atau STNK karena bisa menjadi masalah dalam pengurusan pajak. Surat yang lengkap ditambah dengan pajak tahunan yang rutin dibayar akan meningkatkan harganya.

Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda rutin membayar pajak tahunan motor sehingga jika ingin dijual kembali motor bisa laku lebih mahal. Anda bisa menunjukkan surat-surat ini kepada calon pembeli sebagai bukti.

4. Memilih Platform Penjualan yang Tepat

Tips cara jual motor bekas selanjutnya adalah dengan pemilihan platform yang tepat. Saat ini Anda bisa menjual motor memanfaatkan berbagai jenis media. Khusus untuk penjualan motor bekas ada beberapa platform terbaik untuk dipilih.

Pertama adalah menjualnya langsung ke dealer atau showroom motor bekas. Cara ini biasanya paling cepat karena motor akan langsung dibeli oleh dealer. Kelemahannya hanya harga jauh lebih murah dibandingkan menjual sendiri.

Kedua adalah menggunakan surat kabar, cara ini cukup efektif karena beberapa orang masih rutin membaca koran. Anda hanya perlu memasang iklan di surat kabar setiap minggunya.

Ketiga adalah dengan menggunakan internet. Anda bisa memasang iklan di marketplace bisa juga sosial media. Tinggal pasang iklan dengan gambar dan penjelasan spesifikasi kendaraan yang jelas.

Jangan lupa untuk memberitahukan kerabat baik itu tetangga, saudara atau teman termasuk komunitas. Siapa tahu salah satu dari mereka ada yang tertarik untuk membeli motor Anda.

5. Mempersiapkan Visual Motor Terbaik

Anda sudah memperbaiki tampilan motor dan juga kualitas mesin, cara jual motor bekas selanjutnya adalah memasangnya melalui iklan. Tampilan visual berupa foto atau video harus dibuat semenarik mungkin.

Sekarang sangat mudah untuk membuat gambar yang paling menarik untuk diiklankan. Anda bahkan bisa menggunakan smartphone untuk mengambil gambarnya.

Foto semua detail motor tampak depan, samping dan juga belakang. Anda juga bisa menambahkan foto beberapa detail lain jika memberikan modifikasi tertentu pada bagian mesin atau body motor.

6. Pasang Iklan di Waktu Tepat

Rutin survei harga bukan hanya untuk menentukan berapa harga motor tetapi juga mengetahui waktu yang tepat untuk menjual motor. Harga motor bisa saja naik atau turun tergantung dengan tren atau kondisi ekonomi.

Anda bisa mencari tahu harga pasaran motor beberapa bulan atau minggu terakhir. Mengetahuinya akan memudahkan Anda mengetahui berapa timing yang tepat untuk menjual motor.

Apabila Anda ingin menjual motor pastikan untuk tidak bertemu langsung di rumah sendiri. Pilihlah tempat yang netral seperti di lapangan atau area lapang tertentu.

Mengingat saat ini banyak modus kejahatan, cukup membahayakan jika Anda membuat janji temu di rumah. Jadi jika ada yang menghubungi untuk mengecek kondisi motor, buatlah janji di luar rumah.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.