Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

RS Sarkies Digadang-gadang jadi Gedung Tertinggi di Kudus

RS Sarkies Aisyiyah di Kabupaten Kudus siap dioperasikan tahun depan. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Proses pembangunan RS Sarkies Aisyiyah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memasuki tahap finishing. Rumah sakit ini digadang-gadang bakal menjadi bangunan tertinggi di Kudus.

Rumah Sakit Sarkies Aisyiyah ini berada di Jalan raya Kudus Jepara. Lokasinya tidak jauh dengan Pasar Jember Kudus.

”Rumah Sakit Sarkies Aisyiyah memiliki ketinggian 40 meter dengan sembilan lantai. Bakal menjadi bangunan tertinggi di Kudus,” kata Penangung Jawab Pembangunan RS Sarkies Asyiyah dr Hilal Ariadi, Selasa (13/9/2022).

Jika dibandingkan dengan Tugu Identitas Kudus, Gedung RS Sarkies lebih tinggi. Karena Tugu Identitas mempunyai ketinggian 27 meter.

Begitu juga bila dibandingkan dengan Hotel @hom Kudus. Gedung hotel ini memiliki enam lantai, sementara RS Sarkies dibangun dengan sembilan lantai.

Baca: RS Sarkies Kudus Ditarget Beroperasi Awal 2023

Ia mengatakan, rumah sakit ini akan dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni. Di lantai satu akan diisi dengan ruang manajemen, laundry, dan kamar jenazah.

Sementara di lantai dua terdapat lobi pendaftaran, UGD, ruang radiologi terpadu, afe and bakery, dan food court.

Lalu, di lantai tiga terdapat poliklinik, poli eksekutif, instalasi farmasi, instalasi laboratorium, dan bank darah.

Selanjutnya, di lantai empat terdapat ruang operasi sebanyak empat unit, ruang bersalin, ICU (Intensive Care Unit), NICU (Neonatal Intensive Care Unit), dan PICU (Pediatric Intensive Care Unit).

”Di lantai lima digunakan untuk perawatan kelas rawat inap standar,” sambungnya.

Baca: Rumah Sakit Sarkies Aisyiyah Dibangun di Kudus, Diproyeksikan jadi RS Pendidikan

Berlanjut di lantai enam terdapat ruang perawatan VIP dan President Suite. Kelas president suite yakni kelas di atasnya kelas VIP.

”Kalau lantai tujuh merupakan lantai untuk perawatan kelas satu dan perawatan kelas dua,” ujarnya.

Di lantai delapan, terdapat ruang perawatan kelas ekonomi dan juga ruang hemodisilia untuk cuci darah. Sedangkan di lantai sembilan merupakan ruang untuk pertemuan.

”Di lantai sembilan ini juga ada ruang hidroterapi, kolam fisioterapi, fitness center, ruang gym, taman rooftop, dan sky garden,” imbuhnya.

RS Sarkies Aisyiyah dibangun dengan total anggaran Rp 120 miliar. Rumah sakit ini ditarget beroperasi tahun depan.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.