Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tambah Pembina Pramuka, Kwarcab Pati Gelar KMD

Tambah Guru Pembina Pramuka, Kwarcab Pati Gelar KMD
Pembukaan KMD di SDN 3 Bakaran Wetan Kecamatan Juwana, Selasa (13/9/2022). (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Kwarcab Pramuka Kabupaten Pati menyelenggarakan kursus mahir dasar (KMD) pramuka. Ini dilakukan lantaran di Kabupaten Pati kekurangan guru pembina pramuka.

Kursus ini mengikutisertakan guru-guru dari sekolah-sekolah di Kwaran Juwana. Terutama guru pembina pramuka yang belum memiliki sertifikat terkait kepramukaan.

Sebanyak 47 guru dari kwartir ranting di Kabupaten Pati mengikut KMD Pramuka ini. Nantinya, mereka digembleng di Gedung Kwaran Juwana selama lima hari kedepan atau hingga Sabtu (17/9/2022).

Ketua Kwarcab Pati Sugiyono mengatakan, penyelenggaraan ini pihaknya melibatkan Kapusdiklat Kwarcab Pramuka Pati  bersama Kwaran Juwana.

”Sejak pandemi covid-19, Kwarcab Pramuka Pati vakum dari kegiatan. Setelah pascapendemi euforia kegiatan Pramuka tumbuh. Dan, kami juga kekurangan personil,” kata dia usai membuka KMD di SDN 3 Bakaran Wetan Kecamatan Juwana, Selasa (13/9/2022).

Sugiyono berharap, setelah mengikuti KMD ini nantinya tercetak pembina pramuka yang kompeten, bersertifikasi serta mempunyai keterampilan teknis kepramukaanya.

Pihaknya juga berharap, ilmu yang didapatkan para guru ini nantinya ditularkan ke generasi-generasi berikutnya. Sehingga guru pramuka di Kabupaten Pati berkompeten.

Sementara itu, Ketua Kwaran Pramuka Juwana Sutar memfasilitasi kegiatan ini mengingat kegiatan KMD sangat dibutuhkan oleh guru-guru pembina pramuka di Kabupaten Pati.

”Sehingga dengan adanya KMD ini, mudah-mudahan nanti  guru-guru bisa melaksanakan sebagai pembelajar  dengan baik  dan betul,” jelasnya.

Materi KMD ini di antaranya dasar-dasar teknik mengajar kepramukaan di tingkat SD. Khususnya untuk penggalang maupun kegiatan siaga.

Para peserta yang lolos dan mengantongi sertifikat KMD nantinya berhak mengikuti kursus mahir tingkat lanjut (KML).

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.