Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Curacoa, Timnas ‘Belanda Mini’ Jadi Lawan Timnas Indonesia

Tim Curacao
Remko Bicentini, pelatih Timnas Curacao bersama staf pelatihnya di Curacao. (facebook.com/curacaofootball/photos)

MURIANEWS, Jakarta – Pada FIFA Matchday 24 September dan 27 September 2022, Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi Curacao. Meski namanya asing di telinga, namun Curacao sejatinya bukan tim kualitas ‘kacang-kacang’. Mereka adalah ‘Timnas Belanda Mini’.

Timnas Curacao bisa dikatakan jauh dari kelas ‘ecek-ecek’ untuk urusan sepak bola. Negara ini memang kecil, dan merupakan salah satu negara di Kepulauan Karibia. Dengan jumlah penduduk hanya 155 ribu jiwa, negara ini menempati wilayah sekitar 444 km2.

Namun soal sepak bola, kualitas mereka bisa dikatakan jauh diatas Timnas Indonesia. Mereka kini berada di posisi ke-84 di rangking FIFA. Sementara Timnas Indonesia masih berkutat di posisi 155. Jauh.

Curacao, semula merupakan bagian dari Kerajaan Belanda. Dari sinilah, tradisi sepak bola mereka mendapatkan pengaruh dari Belanda yang merupakan salah satu kekuatan sepak bola dunia.

Sebelum ini mereka memiliki nama Netherlands Antiles, karena kedekatannya dengan Belanda. Namun sejak 2010 namanya berubah menjadi Curacao. Sepak bola mereka tumbuh dengan baik, dan memiliki kualitas sangat baik.

Timnas Curacao sendiri, sebelumnya pernah dilatih oleh Guus Hiddink. Pelatih kenamaan ini, siapapun mengetahui reputasinya. Pelatih asal Belanda ini pernah menangani sejumlah klub top di Belanda dan Eropa.

Hiddink juga pernah sukses saat menangani Korea Selatan di Piala Dunia 2002. Saat itu Korea Selatan mampu dibawanya melaju hingga ke babak semifinal. Sebuah prestasi luar biasa, hingga akhirnya nama Hiddink dijadikan sebagai salah satu nama Stadion di Korea Selatan.

Hiddink sempat menangani Curacao pada 2020-2021 lalu, dan hampir saja membawa mereka lolos ke Piala Dunia. Tugasnya sempat dilanjutkan oleh Patrick Kluivert yang juga bukan nama sembarangan di jagad sepak bola.

BACA JUGA: Negara Kecil Curacao Bersama Patrick Kluivert Buka Peluang ke Qatar 2022

Kluivert adalah mantan pemain top, yang juga pernah menjadi bagian eksekutif di Klub Rakasasa Barcelona. Sebelumnya, pada 2015 sampai 2016, Kluivert juga sudah pernah menangani Timnas Curacao ini.

Kluivert pertama kali melatih Curacao pada 2015 hingga 2016. Kemudian mantan bintang Barcelona itu kembali menjadi pelatih Curacao pada 2021 lalu. Saat ini Curacao ditangani oleh Remko Bicentini, juga dari Belanda.

Bicentini akan memimpin timnya menjalani pertandingan ujicoba FIFA Matchday melawan Timnas Indonesia. Dalam kesempatan ini, Curacao juga dipastikan akan membawa pemain-pemain top mereka.

Juninho Bacuna, yang saat ini bermain di Birmingham City adalah salah satu pemain Curacao. Kemudian ada Vurnon Anita yang saat ini membela tim Eredivisie RKC Waalwijk. Pemain berposisi gelandang bertahan itu pernah berseragam Ajax, Newcastle, hingga Leeds United.

Pemain-pemain kelas Eropa itu masuk ke dalam rombongan timnas Curacao yang dibawa ke Indonesia. Hal itu menjadi tantangan bagi Timnas Indonesia dalam mengincar poin penuh di FIFA Matchday.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: CNN Indonesia

Ruangan komen telah ditutup.