Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 13 September: Istana Buckingham Inggris Dibom Jerman Tahun 1940

Catatan Sejarah Tanggal 13 September: Istana Buckingham Inggris Dibom Jerman Tahun 1940
Foto: Istana Buckingham (wikipedia.com)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 13 September dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 13 September yang terjadi di berbagai negara, melansir Solopos.com dari beberapa sumber:

533

Pasukan Kekaisaran Bizantium berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Vandal dalam Pertempuran Ad Decimum di dekat Kartago, Afrika bagian utara. Kemenangan Kekaisaran Binzantium itu sekaligus menandai runtuhnya Kerajaan Vandal.

1437

Pertempuran Tangier antara pasukan Kerajaan Portugal pimpinan Henry dan pasukan Maroko yang dipimpin Salah bin Salah meletus di Tangier, Maroko. Pertempuran tersebut berlangsung selama enam hari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Portugal.

Baca juga: Catatan Sejarah Tanggal 12 September: Gempa Bumi berkekuatan 7,9 SR Terjadi di Barat Daya Bengkulu Tahun 2007

1882

Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Mesir dalam Pertempuran Tell El Keibr di dekat Kassassin, Mesir. Kemenengan Inggris itu merupakan salah satu yang terbesar selama Perang Inggris-Mesir.

1900

Pertempuran Pulang Lupa yang melibatkan pasikan Amerika Serikat (AS) dan pasukan Filipina meletus di Marinduque, Filipina. Salah satu pertempuran dalam Perang Filipna-AS itu berhasil dimenangi pasukan Filipina.

1914

Pasukan Inggris dan Prancis menyerang pasukan Jerman yang menduduki wilayah dekat Sungai Aisne, Prancis. Serangan itu memicu Pertempuran Aisne I yang berlangsung selama 11 hari. Kedua belah pihak sama-sama mengklaim kemenangan dalam Pertempuran Aisne I.

1940  

Istana Buckingham adalah kediaman resmi ratu Britania Raya dan Alam Persemakmuran di London. Istana ini adalah tempat untuk peristiwa-peristiwa kenegaraan, tempat menyambut tamu negara, dan tempat kunjungan pariwisata. Seringkali dalam masa-masa kegembiraan, krisis atau perkabungan, tempat ini juga menjadi pusat berkumpul untuk masyarakat Britania Raya. Istana Buckingham pernah dibom Jerman tahun 1940.

1942

Pasukan Jepang dikalahkan pasukan Sekutu dalam Pertempuran Bukit Edson di Pulau Guadalkanal, Kepulauan Solomon. Pasukan Jepang mengalami kerugian besar dengan kehilangan sekitar 850 tentaranya, sedangkan Sekutu hanya kehilangan 59 tentaranya.

1989

Thomas Muller lahir di Weilheim, Jerman. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola ternama yang membela klub besar di Jerman, Bayern Munchen. Muller bergabung bersama Bayern Munchen sejak dirinya masih berusia 11 tahun.

1999

Bom mobil meledak di apartemen di Moskow, Rusia. Peristiwa itu menewaskan sedikitnya 119 orang. Pemerintah Rusia menuding kelompok pemberontak Chechnya, namun kelompok pemberontak Chechnya justru mending dinas rahasia Rusia yang telah melakukan serangan tersebut.

2000

Serangan bom bunuh diri mendera gedung Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan menewaskan sedikitnya 19 orang. Beberapa hari kemudian, pihak berwenang menangkap para pelaku penyerangan yang merupakan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

2001

Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengungkapkan bahwa Osama bin Laden telah ditetapkan sebagai tersangka utama atas Serangan 11 September. Pernyataan itu dilontarkan langsung Sekretaris Negara Colin Powell.

2007

Deklarasi PBB tentang Hak-hak Masyarakat Adat (UNDRIP) adalah sebuah deklarasi yang disahkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (MU PBB) dalam sesi ke-61-nya di Markas PBB di New York pada Kamis, 13 September 2007.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.