Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Bali

8.191 Polisi Dikerahkan untuk Pengamanan KTT G20 Bali

Ilustrasi Polisi (detikcom/Dikhy Sasra)

MURIANEWS, Bali – Polda Bali mengerahkan 8.191 personel dalam penanganan keamanan Konferensi Tingkat Tinggi (Leader’s Summit) G20 di Bali, yang akan digelar 15–16 November 2022 mendatang. Jumlah tersebut, berasal dari Polda Bali dan Mabes Polri.

Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra mengatakan, awalnya personel yang disiagakan hanya berjumlah 6.826 polisi. Namun, seiring berjalannya waktu ada instruksi dari Mabes Polri untuk menambah 20 persen dari angka semula.

”Untuk KTT direncanakan sekitar 6.826 personel. Itu yang sudah kami setting, tetapi kemarin kami mendapat instruksi dari Mabes Polri (jumlahnya) akan bertambah 20 persen,” kata Kapolda Bali seperti dikutip Antara

Dengan penambahan 20 persen tersebut, maka ada tambahan 1.365 polisi yang bakal bertugas mengamankan rangkaian KTT G20 di Bali. Dengan demikian, total polisi yang dikerahkan untuk mengamankan KTT G20 mencapai 8.191 personel.

Walaupun demikian, Putu Jayan menyebut tambahan polisi itu bakal menjadi pasukan cadangan.

Dari ribuan polisi yang bakal bertugas mengamankan rangkaian KTT G20 di Bali, Kapolda menyampaikan pasukan itu merupakan gabungan dari Polda Bali dan BKO Mabes Polri.

”Kalau hanya dari polda, personel kami memang mencapai, tetapi nanti kegiatan rutin tidak bisa kami laksanakan. Oleh karena itu, kami perlu back up dari Mabes Polri untuk melengkapi jumlah personel yang dibutuhkan,” tambahnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara

Ruangan komen telah ditutup.