Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Banyak yang Hamil Duluan, 149 Anak di Karanganyar Ajukan Dispensasi Nikah

Foto: Ilustrasi pernikahan (freepik.com)

MURIANEWS, Karanganyar – Pengadilan Agama (PA) Karanganyar mencatat ada sebanyak 149 anak yang mengajukan dispensasi nikah. Dari jumlah tersebut, mayoritas calon pengantin putri sudah berbadan dua atau hamil duluan.

Panitera Muda PA Karanganyar Khoirul Anam mengatakan, data tersebut merupakan data selama 2022 mulai dari Januari hingga awal September.

Ia pun menduga, pergaulan bebas hingga pengaruh gadget menjadi salah satu faktor meningkatnya kasus anak hamil di luar nikah. Mereka lantas mengajukan permohonan dispensasi nikah sebagai syarat menikah.

”Namun tak semua pengajuan dispensasi nikah disetujui PA. Hakim tunggal akan menakar manfaat dan mudarat keperluan dispensasi nikah,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Selasa (13/9/2022).

Pada beberapa kasus, permohonan pengajuan dispensasi nikah tak disetujui hakim. Hakim tunggal memiliki pertimbangan manfaat dan mudaratnya.

”Yang pernah tak disetujui misalnya usia calon pengantin kurang dari tiga bulan sebelum usia 19 tahun. Tinggal nunggu beberapa bulan lagi bisa nikah tanpa dispensasi,” ungkapnya.

Dia mengatakan banyak syarat yang harus dipenuhi pemohon dispensasi nikah. Terdapat 27 dokumen yang harus dipenuhi calon pengantin laki-laki dan perempuan. Orang tua kandung calon pengantin juga wajib mendaftarkan permohonan ke PA dan hadir saat sidang.

”Kemudian rekomendasi Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB serta Dinas Kesehatan. Selain itu surat keterangan penolakan dari Kantor Urusan Agama (KUA) menikahkan calon pengantin,” terangnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.