Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jangan Asal Copot! Ini Cara Melepas dan Memasang Aki Mobil yang Benar

Jangan Asal Copot! Ini Cara Melepas dan Memasang Aki Mobil yang Benar
Foto: Ilustrasi cek aki mobil (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Aki merupakan salah satu komponen penting dalam mobil. Oleh sebab itu, jika kondisi aki soak atau rusa maka sangat berdampak pada performa kendaraan.

Salah satu fungsi aki adalah untuk mengalirkan arus listrik dan digunakan agar motor dapat menyala dengan cara starter atau tombol. Selain itu, aki juga membantu mengalirkan listrik sehingga lampu, sen dan klakson dapat menyala.

Seiring pemakaian, aki seringkali mengalami kondisi yang kurang baik. Sehingga aki tersebut tidak dapat membantu mobil untuk berjalan dengan normal.

Baca juga: Ini Tips Agar Aki Mobil Tidak Cepat Soak yang Bisa Dilakukan Sendiri

Aki dalam mobil ini ukurannya cukup besar dan mudah terlihat di dekat mesin. Terkadang, pemilik mobil mencopot dan memasang aki kendaraannya sendiri untuk dicek kondisinya atau mengganti air aki.

Meskipun melepas dan memasang aki terlihat mudah, namun Anda tidak boleh sembarangan melakukannya. Berikut cara melepas aki mobil yang benar, seperti dikutip dari suzuki.co.id.

Persiapkan Alat yang Digunakan

Tahap pertama sebelum melepas aki, ada baiknya Anda persiapkan alat-alat yang diperlukan terlebih dahulu. Alat-alat tersebut harus terlebih dahulu dipersiapkan supaya nantinya Anda tidak repot sehingga lebih hemat waktu dan tenaga.

Alat-alat yang harus disiapkan untuk melepas aki pun sangat sederhana dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Antara lain, menggunakan tang, obeng dan kunci pas.

Lakukan Secara Tenang dan Hati-Hati

Sebelum masuk ke tahapan cara melepas aki mobil yang benar, sebaiknya Anda juga harus mempersiapkan diri terlebih dahulu. Saat pelepasan aki, Anda harus melakukannya dengan penuh ketenangan dan kehati-hatian.

Hal ini mengingat bahwa aki merupakan komponen kendaraan yang menyalurkan energi listrik ke seluruh bagian mesin mobil.

Tidak bisa dibayangkan jika pelepasan aki tidak Anda lakukan secara hati-hati karena bisa jadi sistem kelistrikan yang ada di mobil akan rusak.

Pastikan Mesin Mobil dalam Kondisi Mati

Cara selanjutnya dari melepas aki mobil yang benar yaitu memastikan mesin mobil dalam kondisi mati. Perlu Anda ketahui, melepas aki saat mesin dalam kondisi hidup bisa mengakibatkan korsleting.

Lepaskan Kutub Negatif

Tahap selanjutnya untuk melepas aki yang baik yaitu lepas dulu kutub negatifnya. Kutub negatif biasanya ditandai dengan minus (-) dan warnanya hitam.

Pelepasan kutub negatif harus terlebih dulu dilakukan agar tidak terjadi korsleting. Jika korsleting terjadi, tentu aki akan mengalami masalah.

Lepaskan Kutub Positif

Setelah kutub negatif dilepas, cara melepas aki mobil selanjutnya yaitu melepas kutub bagian positifnya yang umumnya ditandai dengan plus (+) dan warnanya merah. Cara melepaskannya pun sama dengan kutub negatif tadi, yaitu lepaskan kabel, baut kemudian klem.

Lepaskan Bracket Aki

Sedikit informasi bahwasannya aki dan rangka mobil dihubungkan oleh bracket. Oleh karena itu, setelah kutub negatif dan positif dilepas langkah selanjutnya yaitu melepaskan bracket tersebut. Bracket aki bisa dilepas dengan sangat mudah menggunakan kunci pas nomor 10 atau 12.

Angkat Aki Perlahan dan Jangan Miring

Apabila seluruh baut, klem kutub negatif dan positif serta kabel sudah tidak tersambung lagi dengan aki, maka tahap terakhir yaitu mengangkat aki tersebut dari kerangka mobil. Pengangkatan aki pun tidak boleh dilakukan secara tergesa-gesa.

Anda harus mengangkat aki dengan pelan dan usahakan posisinya tidak miring agar cairan aki tidak tumpah.

Perlu Anda ketahui pula bahwasannya cairan aki berkonsentrasi asam sulfat yang sangat pekat. Apabila cairan tersebut mengenai kulit tentu akan mengakibatkan iritasi, oleh karena itu terapkan cara melepas aki mobil yang benar.

Cara Memasang Aki yang Benar

Setelah aki dilepas, Anda tentu akan memasangnya kembali. Sama seperti melepas, cara pemasangan aki juga harus dilakukan dengan tepat. Untuk itu, silahkan simak uraian berikut tentang cara memasang aki mobil yang baik dan benar.

Taruh Aki dengan Posisi Tegak Lurus

Tahap pertama untuk memasang aki ke kerangka mobil yaitu posisikan agar aki tetap dalam keadaan tegak lurus supaya cairannya tidak tumpah. Setelah itu, letakkan aki ke tempat dudukannya secara perlahan dan penuh kehati-hatian.

Selanjutnya, Anda lihat apakah posisi aki sudah pas di tempatnya atau belum. Aki harus Anda pasang pada dudukannya secara pas agar nantinya tidak goyah dan menimbulkan bahaya.

Pasang Kabel Kutub Positif

Berbeda dengan waktu pelepasan, pemasangan kabel harus dimulai dari kutub positifnya. Alasan mengapa saat memasang aki harus didahulukan kutub positif yaitu supaya nanti tidak terjadi percikan api yang bisa membahayakan Anda.

Pada cara melepas aki mobil sebelumnya sudah dijelaskan jika kutub positif terletak di sekitar komponen berbahan logam. Apabila kutub negatif dipasang terlebih dahulu, bisa jadi komponen berbahan logam tersebut teraliri listrik.

Pada saat itu, kondisi aki masih belum siap bekerja. Dengan demikian dikhawatirkan nantinya terjadi korsleting listrik jika kutub negatif dipasang terlebih dahulu.

Pasang Kabel Kutub Negatif

Pada waktu pelepasan memang diharuskan mendahulukan kutub negatifnya terlebih dahulu, namun saat pemasangan merupakan kebalikannya. Setelah kabel kutub positif terpasang sempurna, selanjutnya pasang kabel bagian negatifnya.

Apabila nanti muncul percikan api, hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dan tidak membahayakan. Percikan api tersebut akan berhenti dengan sendirinya jika kepala aki sudah Anda pasang secara sempurna.

Pastikan Seluruh Klem dan Kabel Terpasang dengan Benar

Baik pada cara melepas aki mobil dan pemasangannya, semua klem dan kabel harus dilepas dan dipasang kembali secara sempurna agar aki bisa bekerja dengan baik. Untuk itu, tahap pemasangan aki selanjutnya yaitu pastikan seluruh klem dan kabel sudah terpasang dengan benar.

Apabila saat pengecekan terdapat bagian yang belum terpasang dengan baik, segera Anda benahi. Jangan sampai Anda membiarkan ada kabel yang kendor atau bahkan terkunci karena jika hal tersebut terjadi, mobil tidak akan bisa menyala.

Oleh karena itu, pastikan dulu bahwa semua komponen sudah kembali ke tempat semula. Jika cara melepas aki mobil yang benar sudah Anda lakukan, maka pemasangannya pun juga harus dengan cara yang benar.

Coba Nyalakan Mobil

Setelah melihat semua bagian aki sudah terpasang dengan sempurna, selanjutnya Anda bisa coba menyalakan mesin mobil. Jika mesin sudah menyala, tunggu dulu selama beberapa menit agar semua komponen mesin bekerja dengan baik.

Setelah mesin dirasa sudah panas, coba gunakan untuk berjalan. Apabila saat dikendarai rasanya sudah enak dan nyaman, maka mobil sudah bisa digunakan seperti biasanya. Namun jika saat coba dinyalakan ternyata mesinnya tidak mau menyala, coba ulangi pemasangan akinya.

Bisa jadi saat pemasangan, aki kurang terpasang sempurna. Akan tetapi jika mesin masih tidak mau menyala, kemungkinan ada faktor lain yang menyebabkan aki bermasalah.

Untuk itu, segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan penanganan dan jangan lupa melakukan servis secara rutin. Cara melepas aki mobil dan memasangnya sebaiknya memang dilakukan oleh mekanik yang sudah berpengalaman.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.