Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Haul Ki Ageng Tarub, Ribuan Warga Grobogan Keroyok Gunungan Hasil Bumi

Haul Ki Ageng Tarub, Ribuan Warga Grobogan Berebut Gunungan
Warga berebut gunungan Haul Ki Ageng Tarub di lapangan Desa Tarub,  Kecamatan Tawangharjo, Grobogan, Jawa Tengah, Senin (12/9/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Haul Ki Ageng Tarub diselenggarakan warga Desa Tarub, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Senin (12/9/2022).

Dalam kegiatan itu dilakukan kirab gunungan berupa hasil bumi. Gunungan itu dibawa dari Balai Desa Tarub menuju lapangan desa setempat.

Ada tiga gunungan yang diarak sepanjang 1 km itu. Gunungan itu berisi bermacam-macam buah, sayuran, hingga jajanan pasar.

Ada buah belimbing, jambu, wortel, kacang, gabah, hingga jajanan apem dipasang di gunungan itu.

Sesampainya di lapangan desa setempat, warga yang sudah menunggu gunungan Haul Ki Ageng Tarub langsung menyerbu mendekati hasil bumi di sana.

Baca: Ki Ageng Tarub, Leluhurnya Para Raja Tanah Jawa

Begitu gunungan diletakkan di tanah lapangan, warga langsung meloncat berebut berbagai hasil bumi. Dari anak-anak, remaja, hingga perempuan lanjut usia pun tak ketinggalan.

Penjaga gunungan tampak kewalahan menghalau warga.

Meski begitu, ada perwakilan panitia yang berada di dekat gunungan dan melempar-lemparkan hasil bumi ke warga yang agak jauh dari gunungan. Sebagian warga pun bisa dapat hasil bumi tanpa berebut.

Sudarmi, salah satu warga yang mendapatkan hasil bumi tampak gembira usai mendapatkan belimbing. Dia mengaku ikut berebut karena agar dikaruniai berkah.

”Ini dapat belimbing. Alhamdulillah. Ya biar dapat berkah,” ujarnya.

Martiyem, warga lain juga tampak kegirangan mendapatkan hasil bumi usai berebut. Dia mendapat beberapa macam, seperti wortel, lombok, hingga apem.

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.