Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

ASN hingga Wartawan di Pati Dicatut Parpol, KPU Lakukan Klarifikasi

ASN hingga Wartawan di Pati Dicatut Parpol, KPU Lakukan Klarifikasi
Verifikasi pencatutan nama warga sebagai anggota parpol di KPU Kabupaten Pati. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Sejumlah aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI/Polri, hingga wartawan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah dicatut menjadi anggota partai politik (parpol).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pun melakukan verifikasi dan klarifikasi, Senin (12/9/2022). Setidaknya total ada 16 warga telah melapor ke KPU karena dicatut Parpol.

KPU Kabupaten Pati pun mengundang mereka beserta parpol terkait untuk melakukan klarifikasi. Setidaknya ada tujuh pengurus Parpol yang diundang dalam kesempatan itu.

Itu dilakukan agar warga yang merasa tak pernah mendaftar menjadi anggota Parpol tertentu bisa bertemu langsung dengan pengurus parpol yang mencatutnya.

”Ini merupakan mekanismenya. Jadi kita klarifikasi. Setelah itu kami laporkan ke KPU Pusat. KPU Pusat kemudian meminta pengurus partai untuk menghapus nama yang sudah diverifikasi,” ujar Komisioner KPU Pati, Supriyono.

Baca: Sebelas Warga di Pati Dicatut Jadi Anggota Parpol, Ada Jurnalis dan ASN

Supriyono mengatakan sebenarnya pihaknya diberikan batasan hingga 14 September untuk melakukan verifikasi. Namun, KPU pusat meminta hasil verifikasi dikirim lebih cepat. Sehingga verifikasi dilakukan hari ini.

Meskipun demikian, warga dipersilahkan melaporkan aduan ke website infopemilu.kpu.go.id bila merasa tercatut parpol. Nantinya ada verifikasi lanjutkan yang akan dilakukan KPU.

”Masyarakat silakan mengecek berkala NIK-nya di website ini. Karena bisa saja kemarin tercatut, hari ini ternyata dinyatakan menjadi anggota parpol,” pungkas dia.

Sementara itu, salah satu warga yang tercatut, Angga Saputra, berharap namanya dihapus dari keanggotaan Partai Prima. Karena ia mengaku selama ini tidak pernah mendaftarkan diri di parpol tersebut.

”Mohon nama saya dihapus dari anggota parpol ini. Karena saya tidak pernah mendaftar anggota Partai Prima,” ujar Angga yang merupakan wartawan ini.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.