Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pekan UMKM Kudus

Nilai Transaksi Pekan UMKM Kudus Lebihi Perkiraan

Suasana Pekan UMKM Kudus pada Minggu (11/9/2022) malam. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pekan UMKM Kudus inisiasi PT Sukun Wartono Indonesia resmi berakhir pada Minggu (11/9/2022). Acara yang digelar selama dua hari di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus itupun mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 422.340.000.

Jumlah tersebut melebihi target perkiraan panitia saat awal pelaksanaannya. Di mana nilai transaksi yang dimungkinkan terjadi di Pekan UMKM Kudus 2022 adalah sebesar Rp 300 jutaan.

Adapun rinciannya, nilai transaksi pada hari pertama Sabtu (10/9/2022) tercatat sebesar Rp 189.220.000. Dengan penyumbang terbanyak adalah pada sektor fashion dengan persentase mencapai 50 persen lebih. Sementara sisanya furniture dan kuliner.

Sementara pada hari kedua yakni Minggu (11/9/2022) kemarin, nilai transaksinya tercatat sebesar Rp 233.120.000. Sektor fashion kembali menjadi penyumbang terbesar di mana banyak gerai yang semakin ramai pada hari kedua Pekan UMKM Kudus.

Baca: Pekan UMKM Kudus Bakal jadi Even Tahunan

Sementara transaksi pada sektor kuliner maupun furniture dan aksesoris juga tak kalah  banyak.

Ketua Panitia Pekan UMKM Kudus Andre Herdian mengatakan, antusias masyarakat bisa dibilang sangat tinggi selama dua hari kegiatan tersebut berjalan. Pada hari kedua, banyak stan ramai dikunjungi warga dan langsung melejit penjualannya.

Salah satu gerai fashion, lanjut Andre, nomimal transaksinya bahkan bisa mencapai puluhan juta dalam semalam.

”Itu masih satu gerai saja, belasan gerai lain yang memang punya ciri khas dan keunikannya masing-masing juga diserbu pembeli dan omzet mereka naik dua kali lipat pada hari kedua,” kata dia Senin (12/9/2022).

Baca: Bikin Haru, Difabel Ikut Fashion Show di Pekan UMKM Kudus

Andre mengatakan, tingginya nilai transaksi pada Pekan UMKM Kudus ini menunjukkan bahwa Kabupaten Kudus kini sedang bangkit dari keterpurukan ekonomi di pandemi Covid-19.

Tingginya nilai transaksi pada kesempatan kali ini juga diharapkan bisa menjadi titik tumpu kebangkitan UMKM Kudus yang sebelumnya juga meredup karena adanya pandemi Covid-19.

”Kami ucapkan terima kasih pada PT Sukun Wartono Indonesia yang telah menginisiasi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi UMKM dan masyarakat Kudus ini,” tandasnya.

PT Sukun pun berencana menjadikan even ini sebagai even tahunan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia HUT ke-75 tahun PT Sukun Wartono Indonesia DK Hendratmanto saat penutupan Pekan UMKM Kudus 2022 di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Minggu malam.

”Kami dari panitia ulang tahun ke 75 perusahaan berharap akan ada even kedua, even ketiga dan seterusnya, akan kami evaluasi kembali dan kami harap ini bisa menjadi even tahunan perusahaan dan bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Kudus,” ucap Deka.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.