Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 12 September: Gempa Bumi berkekuatan 7,9 SR Terjadi di Barat Daya Bengkulu Tahun 2007

Foto: Ilustrasi gempa bumi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 12 September dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 12 September yang terjadi di berbagai negara, melansir Solopos.com dari beberapa sumber:

1309

Pasukan Kerajaan Kastilia merebut wilayah Gibraltar dari Keamiran Granada. Keberhasilan Kerajaan Kastilia itu diraih setelah melakukan pengepungan selama berhari-hari.

1683

Pasukan Austria dan pasukan Polandia bersatu melawan pasukan Kesultanan Ottoman yang mengepung ibu kota Austria, Wina. Pengepungan yang lantas dikenang dengan nama Pertempuran Wina itu berakhir dengan kemenangan pasukan Austria dan pasukan Polandia.

Baca juga: Ini Sejarah Sam Poo Kong, Klenteng Cina Tertua di Kota Semarang

1915

Pasukan Prancis berhasil menyelamatkan lebih dari 4.000 orang Armenia dari genosida yang dilakukan pasukan Kesultanan Ottoman. Penyelamatan itu dilakukan di Gunung Musa Dagh yang diduga sebagai lokasi pasukan Kesultanan Ottoman membantai orang Armenia.

1919

Adolf Hitler bergabung dengan Partai Pekerja Jerman, partai yang lantas menjadi Partai Nazi. Pada 1933, Hitler berhasil menjadi pemimpin Jerman melalui partai tersebut.

1942

Kapal RMS Laconia milik Inggris yang mengangkut warga sipil, tentara Sekutu, dan tahanan perang asal Italia ditorpedo pasukan Jerman di Samudera Atlantik, sebelah barat Afrika. Akibatnya, 1.619 orang tewas dalam peristiwa itu.

1944

Pasukan Sekutu berhasil membebaskan wilayah Bajina Basta di Serbia bagian barat dari cengkeraman Jerman. Operasi pembebasan Serbia dari Jerman itu berlanjut hingga meletusnya serangan di ibu kota Serbia, Beograd, pada 28 September di tahun yang sama.

1973

Paul William Walker IV lahir di Glendale, California, Amerika Serikat (AS) adalah aktor yang membintangi sejumlah film. Yang terkenal film The Fast and the Furious. Walker meninggal 30 November 2013 dalam kecelakaan lalu lintas di Santa Clarita, California, AS.

1979

Gempa bumi berkekuatan 8,0 sR mengguncang Kepulauan Yapen, Papua. Akibatnya, sebanyak sekitar 8.000 orang di Kepulauan Yapen kehilangan tempat tinggal mereka

1994

Kim Nam-joon lahir di Goyang, Korea Selatan. Kini, ia dikenal luas sebagai penyanyi dengan nama panggung Rap Monster. Selain itu, Kim Nam-joon merupakan anggota dari grup musik Bangtan Boys.

2005

Hong Kong Disneyland adalah sebuah taman hiburan di Hong Kong Disneyland Resort. Taman ini dibuat oleh Walt Disney Company dan Pemerintah Hong Kong di tanah sebelah Teluk Penny, Pulau Lantau, Hong Kong. Taman ini dibuka untuk umum pada 12 September 2005.

2007

Gempa bumi Sumatra adalah serangkaian gempa bumi megathrust yang melanda Palung Sunda di lepas pantai Sumatra, Indonesia, yang dimulai pada 12 September. Serangkaian peringatan tsunami dikeluarkan untuk daerah tersebut. Ratusan rumah rusak dan 23 orang meninggal.

2011

Monumen Peringatan 11 September di New York, Amerka Serikat (AS) secara resmi dibuka untuk umum. Monumen itu dibangun untuk mengenang para korban Serangan 11 September sepuluh tahun sebelumnya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.