Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Nelayan Jepara Kesulitan Dapat Surat Rekomendasi Buat Beli Solar

Nelayan Jepara Kesulitan Dapat Surat Rekomendasi Buat Beli Solar
Para nelayan Jepara melakukan aksi di SPBU Sekuro Mlonggo. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Para nelayan di Pesisir Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, sudah sebulan ini kesulitan mendapatkan BBM jenis solar. Solusi yang ditawarkan pemerintah pun belum membuat mereka terlepas dari masalah pelik itu.

Suaib (52), salah satu nelayan asal Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo mengatakan bahwa solusi yang ditawarkan pemerintah belum berguna.

Pemerintah sebelumnya mengarahkan agar nelayan di Mlonggo untuk membeli solar di SPBN Ujungbatu, Kecamatan Jepara. Pasalnya, SPBN yang ada di Mlonggo sedang diblokir lantaran rusak tersambar petir.

Namun, untuk bisa membeli di SPBN Ujungbatu, nelayan harus mendapatkan surat rekomendasi yang diterbitkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Jepara.

Sayangnya, Suaib dan rekan-rekannya sulit memprosesnya. Sudah sepekan surat itu diajukan tak kunjung jadi.

”Kalau surat rekomendasi belum jadi, gimana kami bisa beli solar? Bagaimana kami bisa makan?” tegas Suaib.

Baca: Ratusan Nelayan Jepara Geruduk SPBU Sekuro

Suaib mengaku sudah tak tahan dengan kondisi saat ini. Pasalnya, setelah sebulan terakhir sulit mendapatkan solar, kini malah dia dan para nelayan setempat sama sekali tak bisa mendapatkan solar.

”Sudah lima hari ini saya tidak berangkat melaut. Kami tidak bisa beli solar,” kata Suaib saat demonstrasi di SPBU Sekuro, Mlonggo, Senin (12/9/2022).

Seperti diketahui, hari ini, tiga ratus lebih nelayan yang tergabung dalam Fornel Jepara Utara melakukan aksi. Mereka protes soal kelangkaan solar dan berusaha memaksa SPBU melayani pembelian solar bagi nelayan.

Mewakili nelayan Mlonggo, Suaib menyatakan tidak keberatan dengan kenaikan harga BBM. Namun, yang dia minta hanya kemudahan memperoleh solar itu.

”Kami tidak masalah harga solar naik. Tapi berilah kemudahan. Solar sulit tidak bisa melaut. Mesin kapal tidak bisa diisi pakai air,” tegas Suaib.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.